Banyak Aplikasi Android yang Mengirim Data yang Tidak Perlu

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 23 Nov 2015 10:36 WIB
android
Banyak Aplikasi Android yang Mengirim Data yang Tidak Perlu
Terkadang, aplikasi pada Android mengirim data yang tidak diperlukan olehnya untuk berfungsi. (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Metrotvnews.com: Aplikasi Android biasanya memang mengirimkan banyak data dari smartphone Anda. Meskipun begitu, telah ditemukan bukti bahwa data yang dikirimkan ternyata tak diperlukan untuk membuat aplikasi tersebut berjalan. Yang lebih buruk lagi, terkadang data yang dikirimkan bersifat pribadi.

Para peneliti MIT menemukan, banyak data tersembunyi yang dikirimkan dan diterima 500 aplikasi Android yang paling populer, meskipun data ini tidak mempengaruhi performa dari aplikasi tersebut.

Seperti dikutip Engadget, pengiriman dan penerimaan data oleh aplikasi bukanlah hal yang harus diwaspadai. Biasanya, data yang dikirim berupa analitis, seperti laporan performa atau saat sebuah aplikasi crash alias mendadak berhenti. 

Pengambilan data seperti ini juga tak hanya terjadi pada smartphone berbasis Android saja. Hal seperti ini juga dapat Anda temukan pada iOS atau sistem operasi lainnya.

Terkadang, data yang dikirim dan diterima sebuah aplikasi berfungsi untuk membuat aplikasi berjalan dengan lebih lancar. Misalnya, sebuah aplikasi mengambil konten saat Anda online untuk memastikan aplikasi ini tetap berjalan bahkan saat Anda offline

Satu hal yang harus dipertanyakan adalah apa yang akan pengembang aplikasi lakukan dengan data yang mereka dapatkan. Jika para pengembang tak berhati-hati, tak tertutup kemungkinan, data yang dikumpulkan ini akan dapat dieksploitasi.


(ABE)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA