Minum Kopi Kurangi Risiko Diabetes Tipe 2 dan Prostat

   •    Senin, 23 Nov 2015 10:35 WIB
kesehatan
Minum Kopi Kurangi Risiko Diabetes Tipe 2 dan Prostat
Secangkir kopi baik untuk kesehatan (Foto:Mrwallpaper)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kabar gembira bagi  Anda penggemar kopi. Sebuah penelitian dari Harvard T.H Chan School of Public Health menunjukkan, minum kopi berkontribusi baik untuk kesehatan.

Senyawa bioaktif dalam kopi mengurangi resistensi insulin dan peradangan sistematis. Kopi juga mendapatkan julukan nomor satu sumber antioksidan.

Studi sebelumnya mengaitkan kebiasaan minum kopi dengan mengurangi gejala penyakit parkinson dan depresi, menurunkan risiko kanker kulit bagi perempuan, dan memperlambat timbulnya gejala Alzheimer.

Selain itu, masih ada manfaat dari secangkir kopi.

1. Meningkatkan konsentrasi
Menurut sebuah studi baru di Journal of Experimental Psychology, kafein dalam kopi akan membantu Anda menemukan kesalahan tata bahasa. Para peneliti menemukan bahwa kafein membantu siswa dalam memperbaiki kesalahan dalam tata penulisan bahasa yang baik.

2. Menurunkan risiko depresi pada wanita
Studi Harvard yang lain juga menemukan wanita yang minum beberapa cangkir kopi memiliki risiko depresi lebih rendah daripada yang tidak minum. Kafein juga terbukti memengaruhi otak untuk melepaskan pemancar suasana hati agar lebih baik.

3. Kurangi risiko Alzheimer
Studi dalam Journal of Alzheimer menunjukkan bahwa kafein meningkatkan koloni granulosit stimulating factor (GCSF), faktor pertumbuhan yang dapat melawan penyakit Alzheimer pada tikus. Ini karena sel-sel induk dalam sumsum tulang masuk ke otak untuk menghilangkan plak beta-amyloid yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer.

4. Mengurangi kanker prostat pada pria
Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute mengklaim bahwa minum secangkir kopi sehari bisa mengurangi risiko kanker prostat sebesar 30 persen.

5. Melindungi dari diabetes tipe 2
Mengonsumsi kopi dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2. Hal ini dituangkan langsung pada studi Archives of Internal Medicine.

Walau begitu, bukan berarti Anda bebas minum kopi tanpa takaran. Disarankan sebaiknya dalam sehari konsumsi kopi tak lebih dari empat cangkir. (Sumarni/Huffingtonpost)


(ROS)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

4 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA