OJK Dorong Sektor Keuangan Jadi Solusi SDGs

Gervin Nathaniel Purba    •    Senin, 23 Nov 2015 11:20 WIB
ojkkeuangan
OJK Dorong Sektor Keuangan Jadi Solusi SDGs
Ketua DK-OJK Muliaman D Hadad (MI/ADAM DWI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar seminar bertajuk 'Internasional Sustainable Finance to Support Sustainable Development Goals' bekerja sama dengan beberapa kementerian dan lembaga internasional guna mengerahkan program sektor keuangan yang berkelanjutan menjadi solusi mencapai Sustainable Development Goals (SDGs).

Ketua DK OJK Muliaman D Hadad mengatakan, program keuangan berkelanjutan yang diusung OJK sangt sesuai dengn butir-butir dalam tujuan pembangunan berkelanjutan. Menurutnya, ini merupakan peluang bagi seluruh industri jasa keuangan dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.

"Ini peluang bagi seluruh industri jasa keuangan untuk turut mendukung dan mensukseskan pembangunan berkelanjutan secara nasional dan dalam bentuk kerja sama regional dan global," ujar Muliaman, dalam sambutannya, di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Senin (23/11/2015).

Muliaman menambahkan, OJK telah turut berpartisipsi dengan menerbitkan roadmap keuangan berkelanjutan yang berisikan pedoman dan arah pengembangan keuangan berkelanjutan di Indonesia. Roadmap tersebut juga sebagai wujud kerja sama OJK dengan pemerintah khususnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Roadmap keuangan berkelanjutan ini bertujuan untuk menjabarkan kondisi yang ingin dicapai terkait keuangan berkelanjutan dalam jangka menengah dan panjang bagi industri jasa keuangan di Indonesia.

Program keuangan berkelanjutan tidak hanya berupaya untuk meningkatkan porsi pembiayaan pada sektor-sektor prioritas yang memiliki multiplier effect tinggi seperti sektor energi, infrastruktur, pengolahan, pertanian, dan UMKM, namun juga meningkatkan daya tahan dan daya saing lembaga jasa keuangan di Indonesia.

"Hal ini tentunya akan mengubah cara pandang dan berbuat dari lembaga jasa keuangan yang akan mengintegrasikan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan dalam menjalankan bisnisnya," jelas Muliaman.

Lebih lanjut, Muliaman mengatakan, sesuai fungsi intermediasi yang dijalankan oleh industri jasa keuangan, sektor keuangan memiliki peranan penting sebagai agen yang mempercepat pembangunan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam hal ini, sambungnya, pendanaan kepada sektor-sektor yang memiliki multiplier effect yang besar dapat mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan. "Untuk menghindari bubble economy maka sektor finansial harus berjalan seiring dengan sektor riil." pungkasnya.


(ABD)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA