Perhutani Gelar Lomba Cerpen Hutan dan Lingkungan

Kesturi Haryunani    •    Senin, 23 Nov 2015 12:36 WIB
perhutani
Perhutani Gelar Lomba Cerpen Hutan dan Lingkungan
Direktur Utama Perum Perhutani Mustoha Iskandar saat membuka Perhutani Green Pen Award 3 di kantor pusat Perum Perhutani, Jakarta.

Metrotvnews.com, Jakarta: Perum Perhutani menggelar Perhutani Green Pen Award 3. Lomba menulis cerita pendek (cerpen) tentang hutan dan lingkungan ini ditujukan bagi generasi muda, dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia.

"Lomba menulis Cerpen hutan dan lingkungan Perhutani Green Pen Award 3 dimaksudkan untuk mencari generasi muda Indonesia yang memiliki kemampuan menulis sastra, khususnya cerita pendek fiksi, memiliki kepekaan rasa, serta peduli terhadap pelestarian hutan dan lingkungan," ujar Direktur Utama Perum Perhutani Mustoha Iskandar saat membuka Perhutani Green Pen Award 3 di kantor pusat Perum Perhutani, Jakarta, Jumat (20/11/2015).

Menurut Mustoha, bumi saat ini kian renta dan lelah karena perlakuan manusia yang kurang arif. Peserta ajang tahunan Perhutani diharap bisa menuliskan tentang kegelisahan alam tersebut.

"Mulailah menulis, jangan takut salah. Dua hal penting dalam menulis, pertama adalah ide yang orisinil, kedua adalah pesan yang akan disampaikan. Ide dan pesan inilah yang menghasilkan dampak bagi pembaca karya kita. Menulis adalah proses, perlu keberanian, percaya diri, jujur dan harus dimulai,” tutur Mustoha.

Perhutani Green Pen Award tahun ini merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan Perum Perhutani sejak 2013, dengan peserta mencapai 1.500 orang per tahun. Tingginya partisipasi peserta, menjadikan lomba ini sebagai ajang yang ditunggu-tunggu pelajar, mahasiswa, dan penulis umum untuk berkompetisi sekaligus mengasah kompetensi.

Kegiatan berbasis budaya ini diharapkan mampu menumbuhkan kreativitas, mengasah kesadaran cinta hutan dan lingkungan, sekaligus membangun karakter generasi muda di era digital yang serba instan. Perum Perhutani melalui lomba ini juga berupaya mendorong meningkatkan daya imajinasi, empati, simpati dan kepekaan serta kepedulian generasi muda terhadap alam sekitarnya dengan budaya tulisan.

"Lomba juga akan memotivasi pelajar, mahasiswa, dan penulis umum untuk lebih peduli serta mencintai hutan sebagai sumber oksigen dan paru-paru dunia. Ini akan menarik untuk dijadikan tulisan dengan pesan yang tepat," tambah Sekretaris Perusahaan Perum Perhutani John Novarly.

Peserta lomba dibagi menjadi tiga kategori, yaitu pelajar SLTP sederajat (Kategori A), pelajar SLTA dan mahasiswa (Kategori B), umum, guru, dosen, penulis/pengarang (Kategori C). Judul naskah bebas, tema cerita tentang kehidupan dengan berbagai aspeknya terkait hutan, alam dan lingkungan hidup.

Naskah lomba Perhutani Green Pen Award ke 3 dapat dikirimkan ke Perum Perhutani mulai 22 November 2015 - 12 Pebruari 2016. Peserta juga diwajibkan mengirimkan naskah dan pesyaratan lomba ke perhutanigreenpenaward3@gmail.com, sebagai dokumentasi.

Pemenang Perhutani Green Pen Award 3 akan diumumkan 29 Maret 2016 melalui website resmi perusahaan di www.perumperhutani.com. Berikut hadiah bagi pemenang di tiap kategori:

Hadiah kategori A
Pemenang 1 : piala, piagam dan uang tunai Rp3 juta
Pemenang 2 : piagam dan uang tunai Rp1,5 juta
Pemenang 3 : piagam dan uang tunai Rp1 juta
Lima pemenang harapan akan mendapat piagam dan uang tunai Rp500 ribu.

Hadiah kategori B
Pemenang 1 : piala, piagam dan uang tunai Rp4 juta
Pemenang 2 : piagam dan uang tunai Rp2 juta
Pemenang 3 : piagam dan uang tunai Rp1,5 juta
Lima pemenang harapan akan mendapat piagam dan uang tunai Rp750 ribu.

Hadiah kategori C
Pemenang 1 : piala, piagam dan uang tunai Rp5 juta
Pemenang 2 : piagam dan uang tunai Rp3 juta
Pemenang 3 : piagam dan uang tunai Rp2 juta
Lima pemenang harapan akan mendapat piagam dan uang tunai Rp1 juta.


(NIN)