Australia Awasi 12 Orang yang Berpotensi Jadi Teroris

Willy Haryono    •    Senin, 23 Nov 2015 12:44 WIB
terorisme
Australia Awasi 12 Orang yang Berpotensi Jadi Teroris
Pemandangan umum gedung Opera House di Sydney, Australia. (Foto: AFP/KRYSTLE WRIGHT)

Metrotvnews.com, Canberra: Pemerintah Australia mengawasi 12 orang yang diyakini berpotensi melancarkan aksi terorisme, di tengah kekhawatiran Canberra akan adanya serangan serupa seperti di Paris yang menewaskan 130 orang. 

Kekhawatiran utama Australia adalah individu yang baru pulang dari berperang di Timur Tengah. Individu ini dikhawatirkan telah menjadi radikal dan dapat melancarkan serangan terorisme seorang diri tanpa perlu diperintah grup ekstremis seperti Islamic State (ISIS). 

Enam rencana serangan teror berhasil digagalkan Australia dalam setahun terakhir. Namun, ada beberapa yang lolos, salah satunya pria 15 tahun yang menembak mati seorang polisi di Sydney pada Oktober. 

Kepala antiterorisme dari Kepolisian Federal Australia, Neil Gaughan, mengatakan kepada saluran televisi ABC bahwa ada sebuah grup 12 pria yang berpotensi melancarkan aksi teror di Negeri Kanguru. 

"Tidak diragukan lagi ada grup kecil di Sydney yang ingin mengganggu kehidupan masyarakat Australia," kata Gaughan kepada ABC, Senin (23/11/2015). 

ABC melaporkan 12 orang itu adalah bagian dari grup 19 orang, yang tujuh di antaranya sudah dijebloskan ke penjara. 

Mereka yang diawasi mendapat pembatasan ruang gerak dan komunikasi. Polisi Australia meyakini mereka berpotensi besar melancarkan aksi terorisme.

"Saat ada aksi kriminal yang dilakukan, kami akan menangkap, menuntut dan menghakimi," tutur Gaughan. "Tapi jika tidak ada aksi kriminal, langkah yang kami lakukan adalah metode mengontrol dan mengawasi," tambah dia. 


(WIL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA