BRI Perkirakan Kredit Macet Stabil di Kuartal IV-2015

Gervin Nathaniel Purba    •    Senin, 23 Nov 2015 13:39 WIB
bri
BRI Perkirakan Kredit Macet Stabil di Kuartal IV-2015
Direktur Utama BRI Asmawi Syam (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (BBRI) Tbk memperkirakan tingkat kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) akan stabil di kuartal IV-2015. BRI terus berusaha agar tingkat kredit macet ini tidak bergerak secara liar dan nantinya berdampak terhadap aktivitas bisnis.

"Akan stabil (tingkat kredit macet), karena tidak ada tanda-tanda akan meningkat," kata Direktur Utama BRI Asmawi Syam, saat ditemui di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Senin (23/11/2015).

Ia menjelaskan, stabilnya tingkat kredit macet ini menjadi baik mengingat sekarang ini perekonomian sedang tidak menentu dan memukul aktivitas bisnis dari dunia usaha. Akibat ketidakpastian ekonomi ini, pun omzet para pengusaha terus mengalami penurunan.

"Karenanya kita buat kemarin restrukturisasi yang kaitannya dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga yang tadinya empat pilar menjadi dua pilar saja karena kondisi perekonomian," ungkap Asmawi.

Lebih lanjut, dirinya memperkirakan, jika di tahun depan situasi dan kondisi ekonomi mulai membaik maka dampaknya terhadap membaiknya iklim usaha. Apabila iklim usaha membaik maka para pengusaha akan kembali melakukan pinjaman. Selain itu, dengan membaiknya iklim itu akan berdampak terhadap menurunya tingkat kredit macet.

"Mereka selama ini melakukan penundaan. Ada tiga hal yang bisa kita lakukan yaitu restrukturisasi, pembayaran bunga ditunda, lalu tahun depan dia bisa bayar bunga lebih mudah," pungkasnya.


(ABD)