LAPAN-A2, Satelit Mikro Pertama Murni Buatan Indonesia

Mohammad Mamduh    •    Senin, 23 Nov 2015 13:56 WIB
lapan
LAPAN-A2, Satelit Mikro Pertama Murni Buatan Indonesia
Konferensi pers satelit mikro LAPAN-A2/ORARI. MTVN/MAMDUH

Metrotvnews.com, Jakarta: Bertempat di kantor LAPAN, Rawamangun, Jakarta Timur, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengadakan bincang santai dengan wartawan dan tamu undangan, terkait peluncuran satelit terkini, LAPAN-A2. Satelit mikro pertama yang dibuat di Indonesia ini sudah diluncurkan pada 28 September lalu di India.

Ketua LAPAN, Thomas Djamaluddin menjelaskan, LAPAN-A2 saat ini sudah berhasil mengorbit sempurna. Peluncuran berjalan sukses, dan sejak 1,5 jam setelah peluncuran di bulan September lalu, LAPAN-A2 memasuki fase pengujian LEOP (Launch and Early Orbit Phase).

Fase ini merupakan masa kritis dalam hidup satelit karena pada saat itu, satelit rentan mengalami kegagalan akibat beban selama peluncuran. Ada tiga misi utama yang diemban satelit mikro LAPAN-A2, yaitu sebagai wadah komunikasi radio amatir, pemantau aktivitas kapal laut, dan pencitraan Bumi.

Lebih spesifiknya, satelit mikro ini beroperasi pada garis ekuator 6 derajat Lintang Utara dan 6 derajat Lintang Selatan. LAPAN-A2 dinilai berhasil menjalankan misi tersebut, dan sangat berguna untuk analisis serta eksperimen lebih jauh. Dalam sehari, satelit ini bisa 14 kali melewati Indonesia.

“LAPAN-A2 sudah mengorbit pada ketinggian 650 km dari atmosfir bumi, dan akan melewati Indonesia 14 kali dalam sehari,” ungkap Thomas.

Untuk pengawasannya, LAPAN menggunakan dua stasiun pengawas utama yang terletak di Bogor (Jawa Barat) dan Biak (Papua).

“Pada bulan pertama, kita masih bekerja sama dengan profesor dari Jerman untuk mengawasi langsung.”

LAPAN-A2/ORARI merupakan satelit eksperimen mikro kedua yang diluncurkan LAPAN yang mengemban beberapa misi. Berbeda dengan LAPAN-A1 yang murni eksperimen, LAPAN-A2 juga berperan sebagai satelit eksperimen. Satelit mikro LAPAN-A2 akan beroperasi selama 2-3 tahun.


(MMI)