Ratusan Ribu Barang Impor Selundupan Masuk Tanjung Priok

Damar Iradat    •    Senin, 23 Nov 2015 15:48 WIB
barang ilegal
Ratusan Ribu Barang Impor Selundupan Masuk Tanjung Priok
Barang selundupan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Foto: MTVN/Damar Iradat

Metrotvnews.com, Jakarta: Polres Pelabuhan Tanjung Priok mengamankan ratusan ribu barang impor ilegal. Jenisnya beragam, seperti garment, alat elektronik, dan alat kesehatan.

Kepolisian Pelabuhan dan Ditjen Bea Cukai  mengawasi Kapal Motor Umsini setelah mendapat laporan dari masyarakat. Lalu, polisi memeriksa kapal dan menemukan 298 koli barang atau sebanyak 128.978 buah diduga ilegal.

"Modus yang digunakan diduga lewat barang kiriman dan bawaan penumpang KM Umsini yang merupakan asal impor, tapi belum dipenuhi formalitas kewajiban kepabeananya," kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Hengki Haryadi, Senin (23/11/2015).

Polisi memeriksa empat saksi dari pihak ekspedisi, pihak bongkar muat barang, dan pegawai yang ada di pelabuhan, terkait masalah ini. Belum ada tersangka karena polisi belum mengetahui pemilik barang-barang ini.

"Barang-barang ini tidak ada yang mengakui," ujar Hengki.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Ditjen Bea Cukai Winarko menjelaskan barang-barang tersebut diduga ilegal karena surat dan dokumen kepabeanannya tidak ada. Barang tersebut dikirim dari Pelabuhan Tanjung Pinang melalui jalur tikus di pesisir timur Sumatera ke Tanjung Priok.

Penyelundupan barang ini ditaksir merugikan negara hingga Rp4,3 miliar. Pemilik barang bisa dijerat Pasal 102, Pasal 103 Undang-Undang RI Nomor 17 tahun 2006 tentang Perubahan atas Undang-undang RI Nomor 10 tahun 1995 tentang Kepabeanan.


(TRK)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA