BPBD DKI Operasikan Alat Deteksi Bencana

Intan fauzi    •    Senin, 23 Nov 2015 15:56 WIB
banjir jakarta
BPBD DKI Operasikan Alat Deteksi Bencana
Petugas memasang alat pendeteksi banjir. (Foto:Antara/Reno Esnir)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI akan mengoperasikan delapan unit alat peringatan dini (early warning) bencana. Alat itu terhubung ke Command Center Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD DKI.

"Alat tersebut juga berfungsi untuk memberikan peringatan dini terhadap potensi pohon tumbang," kata Kepala Bidang Informatika dan Pengendalian BPBD DKI, Bambang Surya Putra, Senin (23/11/2015).
 
Bambang menjelaskan, delapan unit itu terdiri dari enam unit automatic weather station (AWS) dan dua unit High Tide Warning (HTW). Nantinya alat-alat itu akan terhubung ke Command Center Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD DKI yang akan mengirimkan informasi ke daerah terkait.
 
"Apabila nanti ada potensi banjir yang disebabkan hujan lokal dan banjir rob, Pusdalops akan kirim pesan singkat ke ketua RW dan aparat kelurahan yang daerahnya berpotensi terkena dampak," ujarnya.
 
Kepala Seksi Informatika BPBD DKI Helma Dahlia mengatakan, alat AWS ditempatkan di setiap kantor wali kota, sedangkan HTW dipasang di Cilincing, Jakarta Utara, dan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. Kedua alat itu juga dapat dimonitor melalui Smart City.
 
"Peringatan dini dari kedua alat ini juga terkoneksi dan termonitor di  Smart City selain di Command Center kami," pungkasnya.
(FZN)