Bos Mandiri Prediksi BI Rate Kembali Normal Tahun Depan

Eko Nordiansyah    •    Senin, 23 Nov 2015 16:15 WIB
bank mandiri
Bos Mandiri Prediksi BI Rate Kembali Normal Tahun Depan
Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin (MI/MOHAMAD IRFAN)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (Bank Mandiri) memprediksi tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) akan mengikuti tingkat inflasi. Diperkirakan, pada Desember 2015 tingkat inflasi akan turun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Saya rasa Desember ini pasti inflation rate akan turun. Kalau inflation rate akan turun nanti pasti BI rate akan mengikuti," kata Direktur Utama Bank Mandiri Budi G Sadikin, di Hotel Grand Hyatt, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (23/11/2015).

Ia memperkirakan tingkat suku bunga untuk tahun depan akan kembali normal atau lebih baik dibandingkan di tahun ini. Pasalnya, sepanjang tahun ini tingkat inflasi masih tertekan akibat kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi pada tahun lalu.

"Saya percaya tahun depan pasti kondisi bunga sudah kembali normal. Sekarang tidak normal karena masih ada dampak inflasi yang tinggi sejak kenaikan BBM tahun lalu yakni November dan Desember," pungkas dia.

Sebelumnya, BI kembali mempertahankan posisi BI Rate di level 7,50 persen dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan. Tingkat suku bunga tersebut telah bertahan selama sepuluh bulan terakhir terhitung sejak Februari 2015.

Selain itu, RDG BI juga memutuskan untuk menurunkan Giro Wajib Minimum (GMW) Primer dalam rupiah dari delapan persen menjadi 7,50 persen berlaku efektif sejak 1 Desember 2015.


(ABD)