Allan Sebastian, Pemenang Penata Artistik Terbaik FFI 2015

Agustinus Shindu Alpito    •    Senin, 23 Nov 2015 23:07 WIB
ffi (festival film indonesia)
Allan Sebastian, Pemenang Penata Artistik Terbaik FFI 2015
Akting Reza Rahadian di film Guru Bangsa: Tjokroaminoto (Foto:Antara/Regina Safri)

Metrotvnews.com, Tangerang: Pada Festival Film Indonesia (FFI) 2015, Allan Sebastian keluar sebagai pemenang kategori Penata Artistik Terbaik lewat film Guru Bangsa: Tjokroaminoto.

Nama Allan dua kali masuk nominasi yakni pada kategori Penata Artistik Terbaik untuk film Guru Bangsa: Tjokroaminoto dan Mencari Hilal.

Tiga nama lain yang masuk dalam kategori itu adalah Eros Eflin (Pendekar Tongkat Emas), Oscar Firaus (Toba Dreams), dan Vida Sylvia (Supernova).

"Alhamdulillah, menang lagi. Terima kasih terhadap sutradara saya, Mas Garin, produser saya Reza Rahadian," kata Allan dalam pidato penerimaan piala di ICE BSD, Tangerang, Banten, Senin (23/11/2015) malam.

Pengumuman pemenang FFI 2015 selanjutnya sampai pada kategori Penata Kostum Terbaik. Nama yang keluar sebagai pemenang adalah Retno Ratih Damayanti lewat perannya di film Guru Bangsa Tjokroaminoto.

Piala Citra FFI 2015 merupakan piala ketiga yang berhasil diraih Retno sepanjang kariernya.

Retno berhasil menyingkirkan Anggia Kharisma (Filosofi Kopi), Citra Subiyakto (Pendekar Tongkat Emas), Isabella Patrice & Tania Soeprapto (The Wedding & Bebek Betutu), dan  Jeanne Elizabeth Fam (Di Balik 98).

"Terima kasih Reza Rahadian selalu menjadi mannequin yang luar biasa," tutur Retno di atas panggung.

Berikutnya, Penulis Skenario Adaptasi Terbaik dimenangkan Jenny Yusuf dalam film Filosofi Kopi. Jenny mengalahkan Alim Sudio (Surga Yang Tak Dirindukan), Benni Setiawan (Toba Dreams), Dirmawan Hatta (Bulan Di Atas Kuburan), serta Johansyah Jumberan & Jay Sukmo (Catatan Akhir Kuliah).

"Piala Citra pertama untuk film pertama. Terima kasih Angga Sasongko telah meracik Filosofi Kopi menjadi film yang nikmat," kata Jenny dalam pidatonya.


(ROS)