Jokowi Datang, Mahasiswa Dilarang Demo

Andi Aisyah Lamboge    •    Selasa, 24 Nov 2015 11:39 WIB
presiden jokowi
Jokowi Datang, Mahasiswa Dilarang Demo
Panglima Kodam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti, Ant - Sahrul Manda Tikupadang

Metrotvnews, Makassar: Presiden RI Joko Widodo berkunjung ke Makassar, Sulawesi Selatan, pada Rabu besok. Selama Presiden berkunjung, mahasiswa tak boleh menggelar demonstrasi.

Demikian ditegaskan Panglima Kodam (Pangdam) VII Wirabuana Mayjen Agus Surya Bakti di Makassar, Selasa 24 November. Agus mengatakan TNI siap mengamankan Presiden selama kunjungan.

"Pemimpin negara adalah simbol yang tidak boleh tercederai," ujar Agus usai memimpin apel pengamanan kunjungan Presiden Jokowi di Lapangan Karebosi, Makassar.

Demonstrasi, ujar suami artis Bella Saphira itu, identik dengan dinamika mahasiswa di Makassar. Agus pun mengingatkan pihak yang melakukan aksi berpolitik tetap harus santun.

Pangdam Wirabuana menyiagakan 7.500 anggota di sepanjang jalan di Makassar hingga ke Barru. Selain TNI, pengamanannya juga melibatkan Polri dan pemerintah daerah.

Rencananya Presiden menaiki bus dari Makassar menuju Barru yang berjarak 120 Km. Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo turut mendampingi Presiden yang akan memasang rel kereta api antarsulawesi itu.

"Itu adalah pemasangan rel kereta untuk 10 km pertama. Ini adalah peletakan rel kereta api pertama di luar Jawa di luar bantalannya," jelas Gubernur Syahrul. Selain itu, Presiden akan menanam 10 juta pohon bambu di sisi kanan dan kiri rel. 


(RRN)