Tak Berprestasi di Liga Champions, Chelsea Rugi Rp482 Miliar

Hilman Haris    •    Selasa, 24 Nov 2015 14:02 WIB
chelsea 2015--2016
Tak Berprestasi di Liga Champions, Chelsea Rugi Rp482 Miliar
Chelsea dikandaskan PSG di babak 16-besar Liga Champions musim lalu (AFP)

Metrotvnews.com, London: Chelsea merugi hingga 23,1 juta Poundsterling (sekitar Rp482 miliar) gara-gara tak bisa berprestasi di Liga Champions 2015--2016. Atas alasan yang sama, pendapatan The Blues pada musim lalu "hanya" 314,3 juta Poundsterling (Rp6,5 triliun). Jumlah itu turun sekitar lima juta Poundsterling dari pendapatan pada musim 2013--2014. 

Chelsea sukses menembus hingga babak semifinal Liga Champions 2013--2014. Namun prestasi serupa gagal diulang Chelsea semusim kemudian. Walau menjadi juara di Liga Primer Inggris, The Blues hanya mampu lolos hingga 16-besar Liga Champions 2014--2015. Skuat asuhan Jose Mourinho itu gagal ke perempat final karena kandas di tangan Paris Saint-Germain.

Uniknya, UEFA menyatakan keuangan Chelsea tetap sehat walau mengalami kerugian. Buktinya, The Blues tak didenda lantaran dianggap tidak menyalahi aturan Financial Fair Play (FFP) yang diterapkan UEFA sejak 2011-2012.

"Kami masih berada dalam batas normal yang diizinkan UEFA terkait Financial Fair Play. Chelsea sudah memenuhi kriteria yang diinginkan UEFA terkait kondisi kesehatan uang kas klub," lansir situs resmi The Blues.

Meski pendapatan menurun, CEO Chelsea, Bruce Buck semringah melihat manajemen klub bisa mengatur neraca keuangan tetap seimbang. 

"Bisa mendapatkan pendapatan hingga 314, 3 juta Poundsterling terbilang bagus. Padahal kami hanya bisa menembus babak 16-besar Liga Champions musim lalu. Ini membuktikan bisnis Chelsea sangat kuat. Seluruh aspek di klub ini sudah bekerja keras untuk meningkatkan nilai jual Chelsea," ujar Buck.

Pendapatan The Blues juga terancam menurun pada musim ini. Pasalnya, Chelsea terseok-seok di Liga Primer Inggris dan tampil kurang impresif di Liga Champions 2015--2016. Di kancah domestik, John Terry dkk terdampar di peringkat ke-15 klasemen sementara. Sedangkan di Liga Champions, The Blues masih harus susah payah untuk bisa lolos ke fase knock-out.

Chelsea berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup G Liga Champions musim ini dengan mengoleksi tujuh poin. Juara Liga Primer Inggris musim lalu itu harus memenangkan dua partai sisa di babak penyisihan andai tak ingin melihat satu tiket lolos ke knock-out melayang ke tangan Dynamo Kiev. (Goal)


(HIL)