Peringati Hari Guru, Jokowi: Saya adalah Karya Nyata Para Guru

Desi Angriani    •    Selasa, 24 Nov 2015 14:25 WIB
hari guru nasional
Peringati Hari Guru, Jokowi: Saya adalah Karya Nyata Para Guru
Presiden Joko Widodo,--Foto: MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Memperingati Hari Guru Nasional, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya peran guru sebagai agen perubahan dan pencipta karakter bangsa.

“Guru adalah agen perubahan karakter bangsa. Perubahan karakter bangsa bisa dimulai di kelas-kelas, dimulai di sekolah-sekolah," ucap Presiden pada Puncak Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan di Gedung Istora Senayan, Jakarta (24/11/2015).

Jokowi mengungkapkan, keberhasilannya sebagai pemimpin tak lepas dari peran seorang guru. Pembentukan karakter dan kepemimpinan, lanjut dia, diperoleh saat masih bersekolah. Dia meyakini, jutaan anak Indonesia akan lahir sebagai pemimpin dari tangan para pendidik yang berkualitas.

"Saya sendiri adalah karya guru-guru saya. Kita semua merupakan karya dari para guru kita. Karena itu, guru bukan sekadar pendidik melainkan peletak dasar masa depan kita semua," imbuh dia.

Kualitas tenaga pendidik saat ini, lanjut Jokowi, akan menentukan masa depan bagi bangsa Indonesia. Sebab itu, dia mengapresiasi para guru berprestasi yang mengikuti simposium tersebut.

"Guru-guru yang terpilih karena karyanya. Banyaknya karya yang masuk adalah tanda guru kita tak pernah lelah berkarya," imbuh suami Ibu Negara Iriana ini.

Dia berharap, para guru yang mengikuti simposium ini menjadi insipirasi bagi tenaga pendidik lainnya di daerah masing-masing.

"Saya berharap guru-guru yang hadir di Simposium ini bisa menjadi penyebar inspirasi bagi guru-guru yang lain, yang selanjutnya juga menjadi inspirasi bagi anak-anak kita, masa depan kita," kata Jokowi.


(MBM)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

6 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA