BUMN Siap Beli 10,64% Saham Freeport

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 24 Nov 2015 14:39 WIB
freeport
BUMN Siap Beli 10,64% Saham Freeport
Tambang Freeport. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) siap untuk mengambil saham PT Freeport Indonesia sebesar 10,64 persen dari posisi 9,36 persen saham saat ini. Dengan mengambilnya sampai 20 persen, maka akan membuat pemerintah memiliki kedudukan kuat di Freeport.

"Karena BUMN punya 9,36 persen. Jadi kalau bisa kita naikkan 20 persen itu menjadi kepemilikan yang cukup baik, kita bisa duduk sebagai manajemen, bisa duduk sebagai direksi yang aktif. Harapannya begitu," ucap Menteri BUMN Rini Soemarno, usai menghadiri Pertamina Energy Forum 2015, di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Menurutnya, sebagai wakil perusahaan BUMN, dirinya hanya bisa mengingatkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bila perusahaan BUMN seperti PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dan PT Inalum dapat membelinya.

"Kan bukan saya itu, kami kan sebagai BUMN menulis surat tentunya kepada pemerintah, Kementerian ESDM dan Kementerian Keuangan. Kalau memang ada divestasi, kami dari BUMN tertarik untuk membeli," kata Rini.

Setelah menulis surat, lanjut Rini, dirinya hanya tinggal menunggu. "Kami menulis surat. Tapi kan kami menunggu saja," pungkas dia.

Sebagai informasi, sebelumnya, Rini pernah menyatakan telah mendorong PT Inalum dan Aneka Tambang untuk mengambil divestasi saham Freeport sebesar 10,64 persen. Sehingga kepemilikan saham Indonesia mencapai 20 persen. Rini juga akan mengeluarkan global bond (surat utang) untuk mengambil alih divestasi saham tersebut.


(AHL)

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

8 hours Ago

Tim kuasa hukum Novanto mempertanyakan alat bukti yang menjadi dasar pembuatan surat dakwaan.

BERITA LAINNYA