Dinilai Tak Becus Bekerja, Ajudan Kim Jong-un Diusir ke Persawahan

Willy Haryono    •    Selasa, 24 Nov 2015 14:46 WIB
kim jong-un
Dinilai Tak Becus Bekerja, Ajudan Kim Jong-un Diusir ke Persawahan
Ajudan senior pemimpin Korut Kim Jong-un, Choe Ryong-hae, dalam acara di Moskow, Rusia, 20 November 2014. (Foto: AFP/Alexander Nemenov)

Metrotvnews.com, Seoul: Seorang ajudan senior dari pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dilaporkan telah diusir untuk bekerja di area persawahan. 

Choe Ryong-hae dianggap Kim tidak kompeten dan gagal melaksanakan tugasnya dalam menangani pembangkit listrik di Korut. 

Kabar pengusiran dan penurunan jabatan disampaikan sejumlah pejabat Korea Selatan yang telah menjalani rapat tertutup dengan Badan Intelijen Nasional Korsel (NIS). 

Seperti dikutip AFP, Selasa (24/11/2015), pejabat Korsel mengatakan kepada awak media bahwa Choe sudah diusir Kim bulan ini. Diduga kuat Choe diusir atas insiden kebocoran air di sebuah pembangkit listrik di Gunung Paekdu, yang berbatasan dengan Tiongkok, pada akhir Oktober. 

Sebelumnya, Kim menunjuk Choe untuk menyampaikan pesan penting kepada Presiden Tiongkok Xi Jinping di tahun 2013. September lalu, Kim juga memercayakan Choe untuk mengunjungi Beijing sebagai perwakilan Pyongyang dalam parade perayaan kemenangan Perang Dunia II. 

Berita terakhir mengenai Choe muncul di media pada 31 Oktober, di mana dirinya mengumumkan jadwal kongres partai penguasa Korut tahun depan. 

Namun nama Choe dihapus dari daftar 170 pejabat Korut yang dirilis pada 9 November, saat upacara pemakaman Marshal Ri Ul-sol yang meninggal dunia akibat kanker paru-paru. 

Sejak pertama kali berkuasa pada 2011, Kim melakukan sejumlah eksekusi terhadap pejabat yang dinilai tidak becus bekerja atau tidak sesuai harapannya. Pada 2012, Kim mengeksekusi mati pamannya sendiri atas tudingan berkhianat dan korupsi. 

Kim juga mengeksekusi Menteri Pertahanan Korut Hyon Yong-chol karena tertidur saat acara resmi. Hyon dieksekusi dengan cara ditembak misil dari jarak dekat. 

Dinasti Kim berkuasa di Korut selama lebih dari enam dekade lewat gaya kepemimpinan bertangan besi dan tidak memberikan ruang bagi kritik.


(WIL)

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

29 minutes Ago

Miryam mengaku mendapat tekanan selama menjalani pemeriksaan di KPK dan menyesalkan sikap jaksa…

BERITA LAINNYA