UMK Jabar Naik 11,5 Persen, Buruh Masih Belum Puas

Jaenal Mutakin    •    Selasa, 24 Nov 2015 15:00 WIB
upah
UMK Jabar Naik 11,5 Persen, Buruh Masih Belum Puas
Foto: Ratusan buruh berunjuk rasa di depan Kantor Gubernur Jawa Barat, Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat/MTVN_Jaenal Mutakin

Metrotvnews.com, Bandung: Ratusan buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) berunjuk rasa di depan Kantor Gubernur Jawa Barat, Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa 24 November. Mereka menilai besaran upah minimum kota/kabupaten (UMK) yang ditetapkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan belum sesuai dengan keadaan ekonomi saat ini.

Pantauan Metrotvnews.com, ratusan buruh dari sejumlah daerah di Jawa Barat datang ke Gedung Sate menggunakan sejumlah kendaraan. Mereka mendesak Gubernur merevisi UMK Jawa Barat yang mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan itu.

"UMK yang mengacu pada PP 78/2015 tidak berpihak pada rakyat. Dengan keadaan ekonomi zaman sekarang, harusnya pemerintah khususnya Pemprov Jabar mempertimbangkan lagi," kata perwakilan buruh, Rahmat, 35, di depan Kantor Gubernur Jawa Barat, Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (25/11/2015).

Hal senada juga disampaikan Yeyen, 25. Perempuan buruh ini meminta Gubernur mempertimbangkan lagi UMK yang sudah ditetapkan untuk 2016 itu. Menurut dia, besaran upah itu masih kecil untuk tingkat ekonomi saat ini.

 


(TTD)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA