Menggalakkan KB, Pemkot Tangsel Memilih Menjemput Bola

Lukman Diah Sari    •    Selasa, 24 Nov 2015 15:14 WIB
tangerang selatan
Menggalakkan KB, Pemkot Tangsel Memilih Menjemput Bola
Mobil KB keliling milik Pemkot Tangerang Selatan.MTVN/Lukman Diah Sari

Metrotvnews.com, Tangerang Selatan: Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memilih menjemput bola buat menyukseskan program Keluarga Berencana (KB). Taktik ini juga dibarengi dengan pemberian fasilitas KB gratis.

"Kami menggelar pelayanan KB saban bulan. Rutin," kata Kepala Sub Bidang Pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan KB Tangsel, Yuni Lia Astuti, di Bumi Serpong Damai, Serpong, Tangsel, Selasa (24/11/2015).

Tangsel menyediakan mobil pelayanan KB keliling. Fasilitas ini digagas Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany dan wakilnya, Benyamin Davnie.

"Semua gratis. Yang tak punya KTP Tangsel pun dilayani," kata Yuni.

Menurut Yuni, pelayanan KB keliling dilaksanakan dua kali dalam satu bulan di setiap kelurahan dan kecamatan. Tergantung permintaan warga. "Kita jemput bola," ujar Yuni.

Yuni mengatakan, ada 75 petugas Lapangan Penyuluh Keluarga Berencana (PLKB). Mereka juga punya kader di setiap pos KB. Nah, para kader inilah yang digerakan mencari akseptor atau pengguna KB. Juga memberikan penyuluhan dan edukasi tentang program KB.

Bidang Pelayanan KB Tangsel menargetkan bisa menjaring 30 akseptor dari satu kelurahan setiap bulan. Tangsel sendiri memiliki 54 Kelurahan. "30 dikalikan 54. Itu minimal sasaran kita," Yuni menjelaskan.

Mobil KB keliling melayani semua program KB, kecuali Vasektomi (memotong saluran sperma pria) dan Tubektomi (memotong saluran indung telur wanita).


(ICH)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

10 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA