Mendag Prihatin Indonesia Defisit USD14 Miliar ke Tiongkok

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 24 Nov 2015 15:33 WIB
neraca perdagangan indonesia
Mendag Prihatin Indonesia Defisit USD14 Miliar ke Tiongkok
Menteri Perdagangan Thomas Lembong (MI/ADAM DWI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengaku prihatin karena neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit hingga USD14 miliar terhadap Tiongkok. Namun, persoalan ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, melainkan juga di negara lain.

Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Lembong menjelaskan, dirinya telah menyampaikan keprihatinan tersebut kepada Mendag Tiongkok pada saat KTT G20 beberapa waktu lalu. Namun, persoalan defisit ini tidak hanya terjadi kepada Indonesia namun juga terjadi di beberapa negara.

"Saya sampaikan (ke Mendag Tiongkok). Pak saya prihatin sangat prihatin karena kenyataannya dengan Tiongkok defisit USD14 miliar per tahun. Kita ekspor USD16 miliar, semua negara menghadapi masalah yang sama," ujar Tom, biasa ia disapa, ketika ditemui di Hotel JW Marriot, Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Lebih dari itu, ia menambahkan, dirinya juga telah memberi masukkan kepada Mendag Tiongkok dan Mendag yang ada di ASEAN untuk bisa berpikir lebih luas lagi dan tidak hanya membicarakan soal perdagangan semata dalam hubungan antar Mendag di beberapa negara. Ia meminta hubungan sesama Mendag membicarakan investasi, pariwisata, dan perindustrian.

"Kita dengan Tiongkok masih defisit USD14 miliar per tahun. Itu mengalir ke Tiongkok. Kita harus buka wawasan lebih lebar. Kalau USD14 miliar kembali ke Indonesia dengan bentuk investasi atau lain kan imbang," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Tom, keinginan Indonesia untuk bergabung dalam TPP salah satunya untuk mengimbau kepada Tiongkok dan negara ASEAN lainnya agar lebih inovatif dan kreatif di masa-masa mendatang. 

"Saya sampaikan kepada mereka dan ASEAN, untuk ciptakan hubungan ekonomi secara keseluruhan. Harus lintas sektor terpadu, perdagangan, investasi, dan pariwisata agar berimbang," pungkasnya.


(ABD)

Eks Dirut PNRI Sempat Terdiam saat Ditanya Peran Andi Narogong

Eks Dirut PNRI Sempat Terdiam saat Ditanya Peran Andi Narogong

45 minutes Ago

Mantan Direktur Umum PNRI, Isnu Edhi Wijaya menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus korupsi K…

BERITA LAINNYA