Pemerintah DKI Diminta Gratiskan Pelatihan Atlet

Intan fauzi    •    Selasa, 24 Nov 2015 15:53 WIB
atlet
Pemerintah DKI Diminta Gratiskan Pelatihan Atlet
Ilustrasi pusat pelatihan bulu tangkis (Foto:MI/Rommy Pujianto)

Metrotvnews.com, Jakarta: DPRD DKI Jakarta sedang merancang Peraturan Daerah (Perda) tentang Kepemudaan dan Olahraga. Perda itu mewajibakn Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membebaskan biaya retribusi bagi atlet yang menggunakan sarana dan prasarana milik DKI.
 
"Perda retribusi dibuat spesifik khusus PON (Pekan Olahraga Nasional), atlet Pelatda (Pemusatan Latihan Daerah) latihannya tidak dipungut retribusi. Retribusi itu tidak signifikan yang masuk APBD," kata Wakil Ketua DPRD DKI Muhamad Taufik saat Rapat Dengar Pendapat Umum (RPDU) di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Jalan Kebon Sirih, Selasa (24/11/2015).
 
Anggota DPRD DKI dari fraksi NasDem Bestari Barus mengatakan, mekanisme administrasi pembebasan retribusi harus diatur dengan baik. Tiap cabang olahraga harus mengusulkan atlet yang akan ikut Pelatda kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI agar mendapat akses gratis.

"Kadang-kadang ada atlet senior sedang promo kejuaraan datang, laga persahabatan undang dari luar, apakah ini dikenakan retribusi? Ini harus diatur dalam Perda. Kalau masuk kategori atlet dan ada surat yang diterbitkan KONI atau dapat rekomendasi dari Cabor bisa gratis, harus diatur itu," kata Bestari.
 
Bestari juga meminta Dinas Olahraga dan Kepemudaan DKI melakukan sosialisasi kepada unit pelayanan teknis (UPT) yang mengelola sarana dan prasarana olahraga milik DKI. "Bapak sosialisasikan pada seluruh UPT. Kalau ada yang minta retribusi bisa distafkan," katanya.
(FZN)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

10 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA