Upacara Maggiri Iringi Gelar Bangsawan pada Kapolri

Andi Aisyah Lamboge    •    Selasa, 24 Nov 2015 15:57 WIB
kapolri
Upacara Maggiri Iringi Gelar Bangsawan pada Kapolri
Kapolri Badrodin Haiti mendapat gelar bangsawan yakni Andi Tempu Padang Petta Tikke dari Dewan Adat Kerajaan Bone. (Ant/Sahrul Manda Tikupadang)

Metrotvnews, Makassar: Kapolri Badrodin Haiti menjadi keluarga besar Kerajaan Bone Sulawesi Selatan. Gelar Andi Tempu Padang Petta Tikka disematkan Pemangku Adat Kerajaan Bone Andi Baso Hamid di Hotel Sheraton Makassar, Selasa (24/11/2015).

"Tempu Padang Petta Tikka artinya tangguh dan selalu waspada dalam menjalankan tugas di lapangan," kata Andi Baso.

Selain Pemangku Adat, hadir pula Bupati Bone Andi Fashar Padjalangi. Keduanya menyerahkan piagam sertifikat kebangsawanan Bone. Upacara Maggiri mengiringi penyerahan gelar itu.

Fahsar mengatakan, Kerajaan Bone adalah pemegang kekuasaan di wilayah selatan sejak dulu. Menurutnya, gelar kebangsawanan akan jadi penanda kedekatan masyarakat Bone pada Kapolri.

"Ke depan Petta Tikka menjadi teladan menjaga kondisi keamanan bangsa. Makna gelar bagi Pak Badrodin adalah mampu menyelesaikan tantangan, bisa bersikap waspada dan hati-hati menjalankan tugas serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," jelas Fahsar.

Lalu, apa tanggapan Kapolri Badrodin Haiti? Kepada wartawan, Badrodin mengaku akan menjaga amanah gelar itu di masa datang. Menurutnya, itu adalah amanah lembaga guna menciptakan suasana kondusif.

"Ini adalah pemacu semangat. Harus mewujudkan harapan masyarakat, kondusif, dan aman. Masyarakat bebas beraktivitas. Investasi, ekonomi bertumbuh. Karena itu Polri harus memperkuat komitmen seluruh jajaran," tutur Badrodin.

Sebuah keris pusaka berbahan emas dan bendera benang emas juga diterima Badrodin. Ada pula songko to Bone, yang merupakan topi adat kerajaan.

Upacara Maggiri juga menjadi salah satu prosesi sakral dalam penyerahan gelar adat itu. Maggiri adalah tarian yang dibawakan dalam nuansa mistis. Para bissu (penari Maggiri) menusukkan keris ke leher dan dada serta pinggang mereka. Maggiri hanya dimainkan di upacara sakral semata.


(SAN)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

5 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA