Al Shabaab Ancam Bunuh Anggotanya yang Pindah ke ISIS

Willy Haryono    •    Selasa, 24 Nov 2015 15:58 WIB
isis
Al Shabaab Ancam Bunuh Anggotanya yang Pindah ke ISIS
Prajurit Somalia bersiaga di lokasi serangan bom bunuh diri yang dilakukan militan Al Shabaab di Mogadishu, 21 Juni 2015. (Foto: AFP/Mohamed Abdiwahab)

Metrotvnews.com, Mogadishu: Grup ekstremis Al Shabaab mengancam membunuh anggotanya yang berani berpindah dari Al Qaeda ke Islamic State (ISIS). 

Al Shabaab adalah grup terafiliasi Al Qaeda, sementara ISIS adalah pecahan Al Qaeda. 

"Jika ada orang bilang dia (anggota Al Shabaab) adalah anggota grup lain, bunuh dia di tempat," tegas petinggi Al Shabaab, Abu Abdalla, dalam sebuah siaran radio di Somalia, Senin (23/11/2015). 

"Kami akan memotong leher siapapun yang berani merusak kesatuan grup ini," sambung dia, seperti dikutip AFP. 

Selama bertahun-tahun, Al Shabaab berusaha menggulingkan pemerintahan Somalia di Mogadishu, yang dilindungi 22 ribu anggota pasukan Uni Afrika. 

Meski mengalami kemunduran dalam beberapa tahun terakhir, Al Shabaab masih menjadi ancaman, baik di Somalia maupun di negara tetangga seperti Kenya. 

Ancaman yang dilontarkan Abdalla muncul setelah adanya beberapa faksi Al Shabaab yang menyeberang ke ISIS. Namun pergantian kesetiaan ini gagal mendapatkan momentum, karena loyalis Al Qaeda Ahmed Diriye terus melancarkan serangan kepada para pembelot. 

Presiden Somaloia Hassan Sheikh Mohamud mengatakan perselisihan internal Al Shabaab menunjukkan grup tersebut sudah "kehilangan arah."Namun Abdalla menegaskan kelompoknya masih tetap solid. "Dunia yang ingin kami terpecah-pecah."


(WIL)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

10 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA