Pertamina Kucuri Investasi USD5,5 Miliar untuk Kilang Cilacap

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 24 Nov 2015 16:12 WIB
pertamina
Pertamina Kucuri Investasi USD5,5 Miliar untuk Kilang Cilacap

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) menggelontorkan investasi sebesar total investasi USD5,5 miliar untuk mengembangkan fasilitas kilang Cilacap dalam program Refinering Development Master Plan (RDMP).

Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto mengatakan, mekanisme yang digunakan yakni perusahaan patungan (joint venture). Dengan kepemilikan saham Saudi Aramco sekitar 40-45 persen dan Pertamina menjadi pemilik mayoritas sebesar 55 persen, Pertamina terhitung mengeluarkan investasi sebesar USD5,5 miliar.

"Total investasi USD5,5 miliar di Cilacap," kata Dwi, dalam acara Pertamina Energy Forum 2015, di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Total investasi tersebut, jelas Dwi, perusahaan pelat merah ini juga menaruh aset. Jika setelah dievaluasi total aset ternyata berkurang, maka akan ditambahkan.

"Aset dan uang. Nanti kan asetnya dievaluasi. Kalau asetnya kurang dari 55 persen nanti kan tambah," ujar dia.

Dalam kerja sama ini, Dwi melanjutkan, dapat mengekspansi kilang dari kapasitas 260 ribu barel oil per day (boepd) menjadi 360 ribu boepd.

"Jadi tambahan 100 ribu boepd dengan menaikkan kompleksitas indeks dari 3 jadi 9. Artinya valuable produk diangkat dari 73 menjadi 98 persen. Itu Pertamina dengan Saudi aramco," pungkas dia.


(AHL)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

8 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA