Pemkot Tangsel Aktif Jemput Bola Pembuatan Akta Kelahiran

Lukman Diah Sari    •    Selasa, 24 Nov 2015 16:17 WIB
tangerang selatan
Pemkot Tangsel Aktif Jemput Bola Pembuatan Akta Kelahiran
Para pembuat akta di Tangsel----MTVN/Lukman

Metrotvnews.com, Tangerang Selatan: Kesadaran warga Tangerang Selatan (Tangsel) untuk membuat akta kelahiran semakin meningkat. Setiap bayi yang baru lahir sudah punya akta. Akibatnya, permintaan pembuatan akta menurun.

Kepala Seksi Kelahiran dan Kematian Dinas Kependudukan Tangsel Indana Dalianti menerangkan, hal itu dikarenakan Dinas Kependudukan Tangsel aktif menjemput bola pembuatan akta ke masyarakat. Program tersebut, kata Indana, awalnya diharapkan bakal diisi pendaftar kelahiran baru. Tapi nyatanya, lebih banyak kalangan orangtua yang membuat akta kelahiran dibanding anak-anak.

"Sekarang ini jumlahnya malah makin berkurang ya, berbeda saat baru pertama dulu," kata Indana di Lapangan Smartfren, Bumi Serpong Damai, Serpong, Tangsel, Selasa (24/11/2015).

Keaktifan masyarakat ini, kata Indana, makin meningkat setelah ada peraturan dari Kementrian Dalam Negeri yang mewajibkan setiap warga negara yang akan melakukan kegiatan haji dan umroh untuk melampirkan pula akta kelahiran. Pemkot, kata dia, kemudian memfasilitasi dengan mempermudah persyaratan.

Indana mengatakan, ada keuntungan lebih bila warga mengurus akta-nya di pelayanan mobil keliling. Yakni, satu hari selesai. Berbeda dengan bila pengurusan di kantor, yang mencapai 14 hari kerja.

"Asalkan persyaratan memenuhi," sebut dia.

Program jemput bola sudah ada sejak Tangsel berdiri. Hasilnya kini, telah banyak warga Tangsel yang memiliki akta kelahiran. Meski begitu, dia mengingatkan warga harus mengurus akta kelahirannya sendiri. Bila mengharuskan melalui orang lain, harus ada surat kuasa saat melengkapi persyaratan.

"Kita tidak terima kolektif, harus orangnya langsung," tegas dia.


(TII)

KPK yang Berani Jujur Hebat

KPK yang Berani Jujur Hebat

16 minutes Ago

KERJA ekstra keras yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk menjerat Setya Novanto dal…

BERITA LAINNYA