Jokowi: Saya Senang Keripik Singkong Masuk ke Korea

Desi Angriani    •    Selasa, 24 Nov 2015 19:04 WIB
mea 2015
Jokowi: Saya Senang Keripik Singkong Masuk ke Korea
Presiden Joko Widodo,--Foto: Dok/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo menhimbau para pengusaha tak usah khawatir menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang mulai berlaku pada 1 Januari 2016.

"Saya kira sudah tahu semua. Sebulan lagi MEA, enggak bisa lagi kita bilang tidak mau. Bapak/ibu tidak usah ada rasa khawatir," kata Jokowi usai memberikan penghargaan produktivitas Paramakarya 2015 di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan, justru kepala negara sahabat yang was-was bakal diserbu produk Indonesia. Hal tersebut ia dengarkan saat mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Malaysia, pekan lalu.

"Mereka yang takut kita, kok kita jadi takut mereka. Kalau kita yang takut itu keliru. Yang punya daya saing masuklah ke negara lain," tegas suami Ibu Negara Iriana ini.

Menurut Jokowi, banyak produk makanan olahan dari usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang dapat diekspor. Seperti keripik singkong, rendang, dan sebagainya. Produk-produk tersebut, kata dia sudah mulai merambah pasar Asia.

"Saya seneng Keripik singkong masuk ke Korea. Sarung gold masuk ke semua negara. Saya takut keripik lain juga masuk ke Indonesia he...he...he...," ujarnya.

Untuk mengidentifikasi produk lainnya, Jokowi telah menugaskan Menteri Perdagangan Thomas Lembong membentuk Badan Promosi Ekspor dan Dewan Penunjang Ekspor. Kedua badan tersebut akan bersinergi mempromosikan dan menggempur pasar Asia.

"Sebulan lagi kita baru bisa identifikasi, produk yang bisa kita ekspor. Saya tugaskan Menteri Perdagangan siapkan badan promosi ekspor. Pewarnaan, packaging itu tugas dewan penunjang ekspor," kata dia.


(MBM)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA