Soal Sudirman Said, JK: Menteri Juga Manusia Biasa

Dheri Agriesta    •    Selasa, 24 Nov 2015 20:44 WIB
pencatut nama presiden
Soal Sudirman Said, JK: Menteri Juga Manusia Biasa
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku tak tahu mengenai aturan yang tak membolehkan seorang menteri melaporkan legislator ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). JK menanggapi sikap MKD yang menyoal kedudukan hukum (legal standing) Sudirman Said yang melaporkan Ketua DPR Setya Novanto ke MKD.

JK hanya mengatakan apa yang dilakukan Sudirman adalah kelaziman sikap seorang manusia. "Menteri manusia biasa juga," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (24/11/2015).

JK tak mempermasalahkan sikap MKD yang seolah mengulur waktu dalam menindaklanjuti laporan Sudirman. Sikap MKD, kata JK, adalah suatu kewajaran politis. 

"Kita tunggu saja, kan selalu begitu," kata dia.

JK berharap sidang yang menyeret Ketua DPR Setya Novanto ini dapat digelar secara terbuka. Masalah pencatutan nama Presiden dan Wakil Presiden ini dianggap sangat penting dan perlu keterbukaan untuk menyelesaikannya.

"Ya sebaiknya terbuka, agar masyarakat tahu, apalagi jangan lupa ini menyangkut Presiden dan Wapres," kata pria asal Makassar ini.

Wakil Ketua MKD Junimart Girsang memastikan, sidang akan digelar terbuka. Namun, jika ada hal yang sangat rahasia dan permintaan dari beberapa pihak, sidang bakal tertutup.

Terkait jadwal sidang, politikus PDI Perjuangan ini mengatakan, MKD akan terlebih dahulu menggelar rapat pada Senin 30 November untuk menentukan jadwal persidangan. Pihaknya juga akan menentukan siapa-siapa yang bakal dipangil dalam sidang.


(KRI)

Pukat UGM: KPK Masih Bisa Jadikan Setnov Tersangka

Pukat UGM: KPK Masih Bisa Jadikan Setnov Tersangka

20 minutes Ago

Ini adalah salah satu hasil eksaminasi atau kajian atas putusan praperadilan Setnov yang dikabu…

BERITA LAINNYA