Pilkada Surabaya 2015

Mengurangi Politik Uang, Rasiyo Buka Sayembara

Amaluddin    •    Selasa, 24 Nov 2015 21:16 WIB
pilkada serentak
Mengurangi Politik Uang, Rasiyo Buka Sayembara
Ilustrasi. Foto: Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Surabaya: Untuk membangun demokrasi yang baik, tim pemenangan Rasiyo-Lucy membuka sayembara terbuka bagi warga Surabaya pada pemilihan kepala daerah Kota Surabaya. Bagi warga yang berhasil menemukan adanya politik uang akan dihadiahi Rp10 juta.

"Sayembara ini untuk mengurangi politik uang," kata Ketua Tim Pemenangan Rasiyo-Lucy, Agung Nugroho, saat dihubungi di Surabaya, Selasa (24/11/2015).

Menurut Agung, indikasi adanya politik uang sangat kentara pada pilkada Surabaya. Sayembara ini, kata dia, memberi semangat warga Surabaya untuk giat menemukan politik uang. "Bagi orang pertama yang berhasil akan mendapat Rp5 juta, kemudian Rp1 juta untuk lima penemu lainnya," kata Agung.

Untuk bisa mendapatkan hadiah ini, kata Agung, warga yang melaporkan adanya politik uang harus berdasarkan bukti kuat. Apakah itu berupa video atau bukti lainnya yang tak terbantahkan. Selain itu, harus disertai saksi yang kuat. Ini untuk memudahkan dalam menindaklanjuti ke lembaga pengawas.

"Siapa saja yang mengetahui adanya politik uang diminta menangkap pelaku dan menyerahkannya ke polisi dan Panwaslu. Mereka yang bisa menangkap kita kasih imbalan uang itu," kata dia.


(UWA)