Imbas Status Nonaktif, Kampus Ini Ditinggalkan Mahasiswa

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 24 Nov 2015 22:21 WIB
pendidikan
Imbas Status Nonaktif, Kampus Ini Ditinggalkan Mahasiswa
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Cirebon. Foto: Metrotvnews.com/Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Imbas penonaktifan sejumlah perguruan tinggi oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sangat dirasakan dampaknya. Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Cirebon, Firman Ismana, mengatakan status nonaktif yang sempat disandang Stikes Cirebon membuat masyarakat menganggap kampus Stikes pertama di Cirebon ini termasuk dalam kategori kampus abal-abal.

“Banyak mahasiswa yang lebih memilih pindah karena hawatir ijazahnya tidak berlaku," kata Firman kepada Metrotvnews.com, Selasa (24/11/2015).

Beberapa instansi pemerintah yang kerap menugaskan pegawainya belajar di sana juga banyak yang akhirnya tidak merekomendasikan untuk kuliah lafi di Stikes Cirebon.

“Sebelumnya banyak pegawai dari Dinas Kesehatan atau instansi pemerintahan yang kuliah di sini. Gara-gara status nonaktif, kampus kami tidak masuk dalam rekomendasi mereka,” kata Firman.

Tidak sampai di situ, imbas dari penonaktifan yang diberikan Dikti juga mengakibatkan salah satu rumah sakit tempat praktik para mahasiswa tiba-tiba memutuskan kerja sama. “Imbasnya sangat besar," kata Firman.

Firman mengaku selalu berusaha memberikan informasi kepada mahasiswanya terkait status nonaktif yang sempat disematkan ke kampusnya. Firman juga selalu berkoordinasi dengan Kopertis terkait nasib lulusannya dan ijazah yang didapatkan para mahasiswanya.

“Bulan kemarin kami baru mewisuda 700 mahasiswa. Kami sudah berkoordinasi dengan Kopertis dan menyebutkan bahwa tidak ada masalah dengan ijazah maupun lulusan Stikes Cirebon,” kata Firman.

Sementara itu, Roy Andriyani, salah satu mahasiswa Stikes Cirebon, mengaku sudah mendapatkan informasi dari setiap dosen yang melaksanakan perkuliahan terkait status kampusnya. Walaupun sempat khawatir, ia yakin kampusnya akan segera mendapatkan status aktif kembali.

“Dengan berubahnya status kami menjadi pembinaan, kami yakin kampus kami akan segera mendapatkan status aktif lagi,” kata Roy.



(UWA)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA