Mantan Ketua Komisi E Dicecar Asal-usul UPS Masuk APBD

Renatha Swasty    •    Selasa, 24 Nov 2015 22:43 WIB
Mantan Ketua Komisi E Dicecar Asal-usul UPS Masuk APBD
Perangkat uninterruptible power supply (UPS) di sekolah SMA Negeri 35, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta. (Foto: MI/Angga Yuniar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyidik Bareskrim Polri mencecar mantan Ketua Komisi E Firmansyah, 40, pertanyaan dalam pemeriksaan pertamanya. Penyidik ingin mencari tahu asal-usul Uninterruptible Power Supply (UPS) masuk dalam APBD.

"Batasan beliau sebagai Ketua Komisi. Kemudian ditanyakan munculnya anggaran itu dari mana. Anggota dewan mana yang mengajukan. Bagaimana sampai disahkannya," beber pengacara Firmansyah, Abimanyu di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (24/11/2015).

Penyidik, lanjut Abimanyu, juga menelaah lebih dalam perihal pihak yang pertama kali mengajukan pengadaan UPS. Tak hanya itu, penyidik juga mempertanyakan pihak-pihak yang mengajukan pengadaan UPS di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat.

Abimanyu mengatakan, dari pertanyaan penyidik kliennya menjelaskan bahwa pengadaan UPS pertama kali diajukan oleh Fahmi Zulfikar, anggota DPRD DKI. Fahmi juga sudah ditetapkan sebagai tersangka. Sementara kliennya, hanya sebagai pihak yang menyetujui.

"Posisi Pak Firman itu sebagai Ketua Komisi E, dia telaah semua, dalam rapat paripurna akhirnya disahkan. Kurang lebih banyak hal yang normatif ketimbang masuk ke pokok perkara," beber Abimanyu.

Dalam kasus ini, Penyidik lebih dulu menjadikan tersangka dua orang pejabat Suku Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Polisi telah menetapkan dua tersangka, yakni Alex Usman dan Zaenal Soleman.

Alex diduga melakukan korupsi saat menjabat sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengadaan UPS Suku Dinas Pendidikan Menengah Jakarta Barat. Sedangkan Zaenal Soleman saat menjadi PPK pengadaan UPS Suku Dinas Pendidikan Menengah Jakarta Pusat.

Kasus Alex sudah masuk ke pengadilan sementara Zaenal masih kelengkapan berkas di kepolisian. Belakangan penyidik kembali menetapkan dua tersangka terkait dugaan korupsi UPS, yakni Firmansyah dan Fahmi Zulfikar.
(MEL)

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

2 hours Ago

Miryam mengaku mendapat tekanan selama menjalani pemeriksaan di KPK dan menyesalkan sikap jaksa…

BERITA LAINNYA