Ekonomi Lemah, Jangan Hanya Salahkan Pemerintah

Wanda Indana    •    Selasa, 24 Nov 2015 23:32 WIB
ekonomi indonesia
Ekonomi Lemah, Jangan Hanya Salahkan Pemerintah
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat Ekonomi Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan kabinet kerja Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla belum berjalan maksimal. Hal ini, dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi yang terus mengalami perlambatan hingga menyentuh 4,75 persen.

Meski demikian, Purbaya mengatakan hal itu lebih baik ketimbang kondisi ekonomi global. "Dibandingkan ekonomi global, kita masih lebih baik," kata Purbaya, dalam acara Talk Show Mengukur Kinerja Kabinet Kerja, di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Selasa (24/11/2015).

Namun, lanjut dia, lambatnya pertumbuhan ekonomi tidak hanya menjadi kesalahan pemerintah. Kata dia, Bank Indonesia (BI), juga memegang peranan penting mengelola perekonomian di sektor moneter.

"Kita tidak bisa salahkan pemerintah saja. Bank Sentral juga ikut mengelola. Ketika kemarin ekonomi mengalami perlambatan, BI justru memperketat kebijakan moneter," ‎ujar dia.

Oleh karena itu, Purbaya berharap ada koordinasi yang kuat antara Pemerintah dan BI ke depannya. Sebab, stabilisasi perekonomian menjadi tanggung jawab pemerintah dan BI.

"Mengelola ekonomi tidak semudah yang kita bayangkan, butuh waktu. Namun indikator perlambatan ekonomi saat ini sudah diatasi, dan akan kembali menguat," pungkas Purbaya.


(AHL)