Rekaman Percakapan 11 Menit

Sudirman Said Siap Beri Keterangan Tambahan di Depan MKD

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 25 Nov 2015 00:01 WIB
freeport
Sudirman Said Siap Beri Keterangan Tambahan di Depan MKD
Menteri ESDM Sudirman Said. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menampik pernyataan soal adanya rekaman percakapan editan. Saat ini dirinya sedang menunggu hasil dari proses Makamah Kehormatan Dewan (MKD) apakah dirinya harus memberikan keterangan tambahan terkait rekaman tersebut.

"Soal MKD saya hanya ingin kasih komentar, kita hormati proses di sana, kita tunggu proses di sana karena saya yakin MKD akan bekerja sebaik-baiknya untuk kepentingan publik," kata Sudirman, di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (24/11/2015) malam.

Sudirman menuturkan, rekaman percakapan berdurasi 11 menit tersebut akan disampaikannya bila memang dirasa kurang diminta untuk memberikan keterangan tambahan. Oleh karena itu, Sudirman Said tinggal menunggu panggilan dari MKD.

"Apabila nanti diperlukan keterangan tambahan ya saya menunggu panggilan dari beliau-beliau (MKD). Jadi Saya kira mereka pasti akan menempuh proses yang baik, masyarakat mengawasi kan," ujar dia.

Sekadar informasi, Sudirman melaporkan pembicaraan yang diduga melibatkan Setya Novanto, pengusaha M. Reza Chalid, dan Dirut Freeport Indonesia Maroef Sjamsuddin, Senin 16 November. Dalam laporan Sudirman, orang yang diduga Novanto meminta saham ke PT Freeport Indonesia untuk Presiden dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Novanto mengakui pernah bertemu bos Freeport di kantornya di DPR dan di sebuah hotel di kawasan Pacific Place, SCBD, Jakarta. Namun, ia membantah meminta saham dan mencatut nama Presiden dan Wapres. Saat ini, proses kasus ini masih berlangsung di MKD. Senin pekan depan, MKD akan menentukan jadwal sidang terhadap Novanto.


(AHL)