On This Day: Asal Muasal Liverpool Kenakan Jersey Merah-Merah

Achmad Firdaus    •    Rabu, 25 Nov 2015 08:11 WIB
liverpool 2015--2016pada hari ini
<i>On This Day:</i> Asal Muasal Liverpool Kenakan Jersey Merah-Merah
Foto: Dok.Liverpool FC

Metrotvnews.com, Jakarta: Klub Liga Primer Inggris Liverpool kerap dikenal dengan julukan The Reds. Itu karena jersey mereka identik dengan warna merah. Lantas, bagaimana asal muasal terjadinya julukan tersebut.

Sejak pertama kali berdiri pada 1892, Liverpool tidak identik dengan warna merah. Kala itu, mereka mengusung warna biru dan putih sebagai warna kebesaran mereka. Empat tahun kemudian, barulah mereka menggunakan jersey warna merah dengan celana putih (kaos kaki merah).

Hingga saat itu, warna merah belumlah identik dengan Liverpool. Barulah pada tahun 1964 atau tepatnya pada 25 November, pelatih Liverpool kala itu, Bill Shankly menawarkan ide untuk mengenakan jersey merah-merah.

Ron Yeats merupakan pemain pertama yang menggunakan kostum merah-merah. Bill Shankly yang melihat hal tersebut lalu berkomentar, "Wow, Anda terlihat massif. Anda akan menakuti mereka hingga mereka mati," ujarnya kala itu.

Jersey merah-merah tersebut kemudian resmi digunakan dan pertama kali digunakan pada putaran kedua ajang Piala Eropa kontra Anderlecht.

Entah karena ada efek psikologis yang dihadapi tim asal Belgia itu, kostum merah-merah The Reds langsung menghadirkan kemenangan. Tak tanggung-tanggung, Liverpool menekuk Anderlecht dengan skor telak 3-0, dan terus melaju hingga semifinal sebelum akhirnya dikandaskan Inter Milan.

Kostum merah-merah tersebut kemudian digunakan pada kompetisi musim 1965--1966 dan terus menjadi warna kebesaran Liverpool hingga saat ini.

Dengan kostum tersebut, The Reds sempat jadi raja di kompetisi Liga Inggris dengan koleksi 18 trofi juara (sebelum dipecahkan Manchester United). Di pentas Eropa, The Reds juga sempat mereguk sukses dengan menyabet lima titel juara.



(ACF)