LPS Setuju Bank Bermasalah Tidak Gunakan Uang Negara

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 25 Nov 2015 09:03 WIB
lps
LPS Setuju Bank Bermasalah Tidak Gunakan Uang Negara
Ilustrasi. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO

Metrotvnews.com, Jakarta: Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyetujui apabila bank mengalami masalah permodalan maka harus diselesaikan dengan dana sendiri. Bahkan, LPS menekankan bank bermasalah tidak didanai dengan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Bank kalau ada permasalahan kekurangan modal harus menyelesaikannya dengan uangnya sendiri jangan pakai uang negara," ujar Ketua LPS Halim Alamsyah di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (24/11/2015) malam.

Dirinya menambahkan, saat ini kebijakan bail ini merupakan pendekatan baru di kancah internasional yang difokuskan kepada bank besar. Sehingga ketika bank bermasalah maka dampaknya juga akan besar.

"Makanya dibuat suatu ketentuan bahwa mereka sebelum pada akhirnya harus ditolong dengan dana negara itu terakhir sekali, mereka utamanya harus pakai dana mereka sendiri. Ini sudah berlaku di AS, Eropa, namanya Recovery program," terang dia.

Lebih lanjut, kata Halim, ada dua kategori bank yang bisa mendapat talangan dana pemerintah, yaitu jika ditutup tidak akan berbahaya bagi stabilitas perekonomian negara, namun ada juga bank yang jika ditutup bisa berdampak bagi negara.

"Kalau sudah begini ya di-bailout pakai uang negara seperti dulu. Supaya tidak perlu terjadi lagi harus didukung dengan dananya sendiri atau programnya lain," pungkasnya.


(AHL)