Hendak Selamatkan Pilot, Marinir Rusia Tewas Ditembak

Fajar Nugraha    •    Rabu, 25 Nov 2015 10:57 WIB
jet rusia ditembak
Hendak Selamatkan Pilot, Marinir Rusia Tewas Ditembak
Jet tempur Rusia yang ditembak Turki (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Raqqa: Seorang anggota marinir Rusia dikabarkan tewas terbunuh, ketika hendak menyelamatkan seorang pilot Rusia yang pesawatnya jatuh ditembak Turki.

Anggota marinir itu tewas saat helikopter yang ditumpanginya ditembak pemberontak Suriah. Sementara lokasi jatuhnya jet tempur Rusia itu berada di wilayah utara Suriah. Demikian diberitakan AFP, Rabu (25/11/2015).

Sebelumnya, para pemberontak melepaskan tembakan dari darat ke arah pesawat jet tempur SU-24 yang jatuh Selasa (24/11/2015). Bahkan salah satu dari pilot pesawat tewas ditembak oleh para pemberontak.

Laporan baru mengenai anggota Marinir Rusia yang tewas ini, tentu menambah keruh kondisi yang berkembang saat ini. Diduga, para pemberontak Suriah melepaskan tembakan melalui rudal anti-tank.

Sementara dari rekaman video lain, menunjukkan pilot dari pesawat SU-24 yang tewas diidentifikasi sebagai Sergei Rumyantsev. Pihak Rusia pun memastikan mengenai kematian pilotnya.

Turki menyebut bahwa pesawat SU-24 yang ditembak jatuh oleh pihaknya, telah melintasi perbatasannya. Namun Presiden Rusia Vladimir Putin membantah klaim tersebut.

Putin justru merasa seperti ditusuk dari belakang oleh Turki. Selain itu Putin juga menyebut Turki sebagai kaki tangan ISIS dan melindungi kelompok militan itu dengan kekuatan militernya.


(FJR)