Seorang Ibu Ditahan karena Tagih Piutang Rp40 Juta

Roni Halim    •    Rabu, 25 Nov 2015 11:13 WIB
kekerasan
Seorang Ibu Ditahan karena Tagih Piutang Rp40 Juta
Ilustrasi penangkapan, Ant

Metrotvnews.com, Bandung: Seorang ibu rumah tangga menjalani pemeriksaan di Polresta Bandung, Jawa Barat. Sebab, ia menyekap warga yang tak mampu membayar utang padanya sebesar Rp40 juta.

Hingga Rabu 25 November, proses pemeriksaan berlangsung di Satreskrim Polresta Bandung. Pemeriksaannya juga dilakukan pada dua rekannya yaitu berinisial PJ dan NN.

WT, 45, berurusan dengan polisi setelah bertemu dengan korban bernama Komar Saripudin di kawasan Cibaduyut Bandung sepekan silam. WT mengaku, saat itu hendak membicarakan perkara utang piutang pada Komar.

Lalu WT dan dua rekannya mengajak Komar ke rumahnya. Setibanya di rumah, WT memaksa Komar memasuki sebuah kamar. Kemudian WT menyekap Komar. WT memaksa Komar segera melunasi utang Rp40 juta yang menunggak sejak dua bulan lalu.

Keluarga yang mengetahui kejadian tersebut melapor ke polisi. Polisi kemudian melakukan penyelidikan dan membebaskan Komar.

WT mengakui perbuatannya. "Karena dia (Komar) tak memenuhi janjinya membayar utang tepat waktu," kata WT.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Angesta Romano Yoyol membenarkan laporan dan pengamanan WT beserta dua rekannya. Kapolrestabes mengatakan pelaku merupakan rentenir. Ia memberikan utang Rp20 juta pada korban. Korban harus membayar utang sebesar Rp40 juta karena bunga 100 persen.

"Pelaku juga tak segan menganiaya agar korban segera membayar utang," kata Kapolrestabes.

Ketiga pelaku dijerat Pasal 333 KUH Pidana tentang perampasan kemerdekaan. Ketiganya diancam hukuman maksimal delapan tahun penjara. Kini, ketiganya mendekam di sel Mapolrestabes Bandung untuk proses hukum lebih lanjut.


(RRN)