Keluarga Sudah Tahu Pembunuh AAP Tertangkap

Ilham wibowo    •    Rabu, 25 Nov 2015 12:06 WIB
pembunuhan adinda
Keluarga Sudah Tahu Pembunuh AAP Tertangkap
Pelaku digiring petugas saat akan melakukan rekonstruksi pembunuhan AAP. (Foto: Metrotvnews.com/Ilham Wibowo)

Metrotvnews.com, Jakarta: Keluarga AAP bersyukur akhirnya polisi menangkap pembunuh bocah 12 tahun itu. Polisi sudah memberitahu keluarga AAP bahwa pembunuh sudah tertangkap. Yang mengagetkan, pelaku pembunuh siswa Madrasah Tsanawiyah ini tak lain masih saudaranya sendiri.

"Saya diberi tahu Polisi pelakunya sudah tertangkap kemarin di Pandeglang, Banten," tutur Angga Reta, 22, kepada Metrotvnews.com, di Rumah Susun Sederhana Karet Tengsin, Blok C, Jalan Karet, Pasar Baru Barat I, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (25/11/2015).

Angga merupakan kakak kandung AAP. Angga tak menyangka pelakunya masih dalam lingkaran keluarga. Toh ia akhirnya lega pelakunya kini telah terungkap jelas. "Dugaan keluarga sekarang telah terbukti," ucap Angga.

Saat polisi sibuk mengusut kasus ini, tetiba seorang berinisial Rizal menghilang. Hal itu membuat keluarga besar menduga lelaki berusia 24 tahun itu tahu kasus yang menimpa AAP. Rizal adalah paman korban.

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Krishna Murti mengatakan Rizal alias Anwar, 24, adalah pelaku pembunuhan AAP, 12. Rizal telah diamankan dan selesai menjalani rekonstruksi. Rizal diamankan polisi bersama istrinya saat berada di Pandeglang, Banten.

Krishna menjelaskan, AAP dan Rizal berangkat dari kediamannya di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Kamis 22 September sekitar pukul 15.00 WIB. Saat berangkat ke lokasi yang dituju, AAP masih menggunakan seragam sekolah.

Rizal menuturkan, ia mengajak AAP ke areal Perhutani RPH Tenjo, Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, usai pulang sekolah. Lelah berkendara selama berjam-jam, Rizal pun kemudian membujuk AAP untuk melakukan hubungan badan sekitar pukul 20.00 WIB.

AAP sempat menolak permintaan Rizal. Namun, lokasi yang jauh di tengah hutan membuat Rizal mengancam AAP.

"Saya ancam (AAP) ditinggalkan di hutan sendirian kalau tidak mau (melakukan hubungan badan)," aku Rizal kepada petugas saat rekonstruksi di Jasinga, Kabupaten Bogor, Selasa (24/11/2015)

Usai melakukan hubungan badan secara paksa, Rizal mengancam agar AAP tidak memberitahukan kepada orang tuanya di Jakarta. AAP menolak permintaan Rizal. AAP ingin Rizal bertanggung Jawab.

Bapak dua orang anak ini panik lantas nekat menghilangkan nyawa AAP. Usai membunuh, Rizal menyeret AAP ke semak-semak yang berjarak lima meter dari lokasi pembunuhan. Rizal kemudian membakar seragam AAP untuk menghilangkan jejak.

"Saya pukul tiga kali pake batu. Kepala belakang, kepala atas, sama muka sampai mati," ucap Rizal kepada petugas.

AAP merupakan siswi Madrasah Tsanawiyah, yang ditemukan tewas di areal Perhutani RPH Tenjo, Bogor, Jawa Barat, Jumat 23 Oktober. Berdasarkan hasil visum diketahui perempuan berusia 12 tahun itu sempat diperkosa.

Jasad AAP didapati dalam kondisi mengenaskan. Wajahnya tampak seperti luka bakar. Tim medis Rumah Sakit Polri Kramatjati yang melakukan autopsi menyimpulkan korban tewas dibunuh dengan hantaman benda tumpul.


(YDH)