Paus Fransiskus Bertolak ke Afrika

Willy Haryono    •    Rabu, 25 Nov 2015 12:13 WIB
paus fransiskus
Paus Fransiskus Bertolak ke Afrika
Papan iklan bergambar Paus Fransiskus di Nairobi, Kenya, 23 November 2015. (Foto: AFP/SIMON MAINA)

Metrotvnews.com, Nairobi: Paus Fransiskus bertolak ke Afrika, Rabu (25/11/2015). Ini merupakan kunjungan pertama Fransiskus ke Afrika dan lawatan luar negeri kesebelas sejak pertama kali menjadi Paus pada 2013. 

Pria 78 tahun itu akan menyampaikan 19 pidato dalam bidang perdamaian, keadilan sosial, perlindungan lingkungan hidup dan dialog antar agama di Kenya, Uganda dan Republik Afrika Tengah (CAR).

Di Nairobi, ibu kota Kenya, sejumlah papan bertuliskan selamat datang sudah disiapkan untuk menyambut kedatangan Fransiskus. Ribuan orang diperkirakan akan memadati jalur iring-iringan Fransiskus di Nairobi.

Nantinya, Fransiskus akan disambut Presiden Kenya Uhuru Kenyata, untuk kemudian menyampaikan pidato di istana kepresidenan di Nairobi. 

"Karibu Papa Francis," tulis surat kabar lokal Kenya, Standard, yang dapat diartikan "selamat datang Papa Fransiskus."

Seperti dikutip AFP, kunjungan Fransiskus ke Afrika dibayang-bayangi kekhawatiran adanya serangan ekstremis dari grup seperti Boko Haram. Kekhawatiran terbesar ada di negara terakhir dalam daftar kunjungan, yakni CAR.

Pasukan penjaga perdamaian Prancis berkali-kali mengingatkan mereka tidak bisa menjamin keamanan Fransiskus saat berada di CAR.

Pejabat Vatikan mengatakan kunjungan dapat dibatalkan jika benar-benar ada ancaman nyata yang dapat membahayakan nyawa Fransiskus.


(WIL)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

2 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA