Komisi III Kemungkinan Pilih Capim KPK dengan Tiga Opsi

Githa Farahdina    •    Rabu, 25 Nov 2015 12:59 WIB
capim kpk
Komisi III Kemungkinan Pilih Capim KPK dengan Tiga Opsi
Anggota Komisi III Arsul Sani. (Foto:MI/Susanto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi III akan menggelar pleno jadwal fit and proper test calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka kemungkinan dipilih dengan tiga opsi.
 
"Pertama, Komisi III lanjutkan fit and proper test dan memilih 5 calon yang dianggap memenuhi syarat," kata anggota Komisi III dari Fraksi PPP Arsul Sani ketika dihubungi, Rabu (25/11/2015).
 
Opsi kedua, melanjutkan fit and proper test dan memilih setengah dari jumlah calon yang dianggap memenuhi syarat. Artinya, memilih kurang dari lima orang.
 
"Ketiga, dikembalikan kepada pemerintah semuanya dan nanti pemerintah diminta ajukan capim baru. Termasuk mengajukan calo baru yang memenuhi syarat," terang Arsul.
 
Ketiga opsi yang muncul, menurut Arsul, kesimpulan pembicaraan informal anggota Komisi III. Sementara sikap masing-masing fraksi akan diketahui dalam pleno malam nanti.
 
Meski begitu, secara pribadi Arsul menginginkan fit and proper test bisa berjalan. "Soal apakah yang dipilih 5 atau kurang dari itu, nanti bisa diperdebatkan," ujarnya.
 


(FZN)