Real Madrid Terbukti Tak Salah Jual Casillas, Ini Alasannya!

Hilman Haris    •    Rabu, 25 Nov 2015 13:27 WIB
liga championsreal madrid
Real Madrid Terbukti Tak Salah Jual Casillas, Ini Alasannya!
Iker Casillas paling sering melakukan blunder di Liga Champions musim ini (Foto: dok Eurosport)

Metrotvnews.com, Porto: Real Madrid tak salah melego Iker Casillas ke FC Porto pada bursa transfer musim panas 2015. Faktanya, kemampuan kiper berusia 34 tahun itu memang sudah tidak lagi bertaji pada musim ini.

Laga Porto kontra Dynamo Kiev pada matchday 5 Liga Champions 2015--2016, Rabu 25 November menjadi salah satu momen pembuktian bahwa Casillas sudah tak lagi cekatan seperti 5-10 tahun yang lalu. Ketika itu, Casillas melakukan blunder sehingga membua Porto kalah 0-2 dari klub asal Ukraina tersebut.

Kiper yang sempat diincar Manchetser United pada medio 2000-an itu tidak hanya sekali melakukan blunder bersama Porto di Liga Champions musim ini. Menurut catatan Opta, Casillas sudah melakukan kesalahan yang berakibat bergetarnya gawang Porto sebanyak tiga kali pada musim ini. Jumlah itu menempatkan Casillas sebagai kiper paling sering melakukan blunder di Liga Champions musim ini.

Persentase dalam melakukan penyelamatan juga bisa menjadi alat untuk mempertegas bahwa Casillas sudah melewati masa keemasannya sebagai kiper. Pada musim ini, statistik Casillas untuk kategori itu hanya berada di angka 68,4 persen. Dengan statistik seperti itu, Casillas cuma berada di urutan ke-21 di antara kiper-kiper lain yang tampil di Liga Champions musim ini.

Persentase penyelamatan paling impresif di Liga Champions 2015--2016 masih dipegang oleh kiper Madrid, Keylor Navas. Sejauh ini kiper yang notabene hanya menjadi deputi Casillas di Los Merengues pada musim lalu itu mencatat 100 persen penyalamatan. Berkat kecemerlangan Navas, gawang Madrid masih "perawan" usai melakoni empat laga di Liga Champions 2015--2016. (Goal)


(HIL)