Belasan Paguyuban Sunda Turut Laporkan Ketum FPI ke Polda Jabar

Roni Kurniawan    •    Kamis, 26 Nov 2015 12:05 WIB
fpi
Belasan Paguyuban Sunda Turut Laporkan Ketum FPI ke Polda Jabar
Foto: Perwakilan Aliansi Masyarakat Sunda/MTVN_Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Belasan organisasi masyarakat Sunda di Jawa Barat menyusul Angkatan Muda Siliwangi (AMS) untuk melaporkan Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab ke Polda Jawa Barat, Kamis 26 November. Sejumlah perwakilan dari Paguyuban Aliansi Masyarakat Sunda (AMS) itu melaporkan Rizieq Syihab terkait pemelesetan salam budaya Sunda "sampurasun" menjadi "campur racun" saat ceramah di Purwakarta pada 13 November 2015.

"Setelah kami melaporkan pada 24 November kemarin, ada 16 organisasi yang menyusul untuk melaporkan Habib ke Polda Jabar," kata Wakil Ketua Umum AMS, Ari Mulia Subagdja saat ditemui di kantornya, di Jalan Braga, Kota Bandung, Kamis (26/11/2015).

Menurut Ari, plesetan Rizieq itu menyinggung perasaan masyarakat Sunda. Bahkan, sudah ada gejolak di berbagai daerah di Jawa Barat dan Banten dan akan melakukan aksi terhadap pimpinan FPI itu.

"Ini sudah menyakiti Urang Sunda. Semua di kabupaten dan kota sudah memanas dengan kelakuan dia (Rizieq Syihab)," ujar dia.

AMS meminta Qizieq segera meminta maaf kepada masyarakat Sunda secara terbuka. Sebab, Rizieq menyampaikan ceramah itu secara terbuka di ruang publik.

"Jadi, ya harus segera minta maaf. Minta maafnya juga harus secara terbuka karena dia bilangnya di hadapan umum," tegas Ari.

Hal senada juga diungkapkan Robby Maulana Zulkarnaen, Ketua Umum Sundawani Wirabuana. Ia menilai yang dilakukan Habib Rizieq itu tidak pantas selaku ulama.

"Kami khawatir ini akan melebar menjadi SARA, dan ini harus segera diberhentikan. Kita berharap tunjukkan sifat keulamaannya dan datang untuk minta maaf secara terbuka kepada masyarakat," kata Robby.

Berikut daftar organisasi yang melaporkan Rizieq Syihab ke Polda Jawa Barat:  
1. Angkatan Muda Siliwangi (AMS)
2. GMBI Jawa Barat
3. Damas
4. Sundawani wirabuana
5. Bamus Jawa Barat
6. Forum Ki Sunda
7. Paguran Mande Muda Pusat
8. Padepokan Kibun Sunda
9. Brantas Jawa Barat
10. Ki Bunyut Sunda Wiwitan
11. Padepokan Mandala Sunda
12. Padepokan Jogo Jemur-an
13. Lemuria Spiritual Sentra
14. Pitaloka Purwakarta
15. Jangkar
16. Jaga lembur


(TTD)