BI Perkirakan Suku Bunga As Naik di Desember

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 26 Nov 2015 12:27 WIB
the fed
BI Perkirakan Suku Bunga As Naik di Desember
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve, tengah menjadi sorotan dunia karena berencana akan menaikkan tingkat suku bunganya. Namun, hingga sekarang ini The Fed belum juga mengimplementasikan kenaikan Fed Fund Rate itu.

Dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini, ekonomi dunia khususnya ekonomi di negara berkembang terus mengalami gejolak utamanya tertekannya pergerakan mata uang akibat adanya spekulasi atas wacana kenaikan Fed Fund Rate. Namun, diperkirakan ketidakpastian ini akan segera berakhir. 

Demikian seperti dikatakan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara dalam sebuah seminar nasional bertajuk 'Proyeksi Ekonomi Indonesia 2016; Mengelola Ekspektasi', di Jakarta. Dalam hal ini, Mirza meyakini, The Fed akan menaikkan suku bunga di akhir 2015 ini.

"Sepertinya ketidakpastian ini sudah menjadi pasti. Desember ini suku bunga akan naik menjadi 0,5 persen," kata Mirza, Kamis (26/11/2015).

Saat ini, masih kata Mirza, posisi Fed Fund Rate berada di angka 0,25 persen. Level ini terus dipertahankan AS selama kurun waktu tujuh tahun yakni dari 2008 hingga sekarang ini. Sebelumnya, level Fed Fund Rate berada di posisi 5,5 persen.

Lebih lanjut, ia memperkirakan, The Fed akan menaikkan suku bunga secara bertahap hingga nantinya menuju level suku bunga yang dianggap normal oleh AS yakni dikisaran 3-5 persen. "The second rate, the third rate akan terjadi secara gradual," pungkasnya.


(ABD)