Demo Buruh di Balkot Dikawal 500 Polisi

LB Ciputri Hutabarat, Anggitondi Martaon    •    Kamis, 26 Nov 2015 12:37 WIB
ump
Demo Buruh di Balkot Dikawal 500 Polisi
Demo buruh di depan Balai Kota DKI Jakarta. (Foto:MTVN/Anggitondi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 500 polisi mengamankan 3 ribu buruh Logam Elektronik Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia ‎(LEM SPSI)  yang berunjuk rasa di depan Balai Kota DKI Jakarta. Demonstran meminta Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama mendesak pemerintah pusat membatalkan Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan.
 
"Anggota gabungan lima kompi. Gabungan Brimob, Sabhara. Kami siap menjaga ketertiban agar situasi tetap kondusif," kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Hendro Pandowo di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (26/11/2015).
 
Hendro mengatakan, buruh berasal dari sejumlah daerah di Jakarta dan Tagerang . "Mereka ada dari Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Tangerang," katanya.

Pantauan Metrotvnews.com, pendemo berkumpul di titik temu IRTI Monas. Sebelum memulai aksi, buruh melakukan hening cipta dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dari sana, mereka akan bergerak menuju tiga institusi di Jakarta. Mereka juga menutupi sebagian jalan. "Selain Balai Kota, mereka ke DPR dan Dinas Tenaga Kerja," sambung Hendro.
 
Hendro menjelaskan, tak ada pengalihan lalu lintas di sekitar lokasi demo Jalan Medan Merdeka Selatan. Rekayasa lalu intas dilakukan jika terjadi kericuhan. "Sampai sekarang masih kondusif," ujarnya.
(FZN)