Program APM

Ford Drugged Driving Suit, Pakaian Simulasi Berkendara saat Mabuk

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 26 Nov 2015 14:28 WIB
ford
Ford Drugged Driving Suit, Pakaian Simulasi Berkendara saat Mabuk
Seseorang tengah mencoba pakaian khusus yang diciptakan Ford. Leftlanenews

Metrotvnews.com: Menjaga keselamatan pengemudi banyak cara yang dapat dilakukan. Ford sebagai salah satu brand otomotif tentu paham. Mereka pun merancang pakaian khusus untuk mensimulasikan kondisi nyetir sambil mabuk.

Pakaian yang disebut Ford Drugged Driving Suit ini, bisa memberikan efek layaknya mengkonsumsi berbagai jenis narkoba. Seperti ganja, kokain, ekstasi, heroin hingga LSD.

Dikutip dari Leftlanenews, baju ini khusus dikembangkan oleh Meyer-Hentschel Institute, untuk program Ford Driving Skills for Life. Tujuannya tentu untuk memberi tahu bahaya efek narkoba, ketika sedang mengemudikan kendaraan.

"Pakaian ini bisa memberi efek cahaya terang, dari kacamata. Imajinasi suara dari headphone yang kami buat. Kacamata ini juga bisa memberi distorsi dan menghasilkan beragam warna seperti efek menggunakan LSD," kata Gundolf Meyer-Hentschel, CEO Meyer-Hentschel Institute.

Selain kedua alat tadi, ada piranti khusus yang dipasangkan pada leher, siku, lutut dan membatasi pergerakan tubuh seseorang. Belum lagi pemberat pada pergelangan kaki dan pinggang, serta generator yang membuat tangan bergetar.

Alat ini diciptakan karena angka kematian akibat kecelakaan akibat menggunakan narkoba lalu mengemudi di Amerika Serikat. Diperkirakan angka kecelakaan akibat narkoba masih akan terus bertambah tinggi.

Sebelumnya, Ford telah mengembangkan pakaian khusus untuk mensimulasikan ragam penyakit yang berbahaya. Misalnya penderita katarak yang disimulasikan pakai kacamata khusus dan lain-lainnya.

Bagaimana cara kerja pakaian tersebut? Simak videonya disini. 


(UDA)