Puluhan Rumah di Majalengka Rusak Akibat Tanah Bergerak

dedy musashi    •    Kamis, 26 Nov 2015 13:41 WIB
tanah longsor
Puluhan Rumah di Majalengka Rusak Akibat Tanah Bergerak
Foto: salah satu rumah warga yang rusak akibat pergeseran tanah/Metro TV_Dedy Musashi

Metrotvnews.com, Majalengka: Puluhan rumah warga terancam ambruk akibat tanah gerak di Desa Jerukleueut, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Bagian dinding dan lantai rumah warga rusak akibat bencana ini.

Pantauan Metro TV, sebanyak 53 rumah di Blok Manis, Desa Jerukleueut, yang retak akibat pergeseran tanah. Peristiwa ini sudah terjadi sejak 2014 lalu.

"Akibat pergeseran tanah. BMKG sudah memprediksi. Ini skalanya kecil. Apalagi nanti kalau sudah turun hujan, mungkin akan lebih parah lagi retaknya," kata Kepala Desa Jerukleueut Ardi Beckty usai meninjau rumah warga yang retak di Desa Jerukleueut, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Kamis (26/11/2015).

Ardi mengatakan, rumah warga yang sempat rusak saat pergeseran tanah tahun lalu sudah diperbaiki. Namun pergeseran tanah kali ini kembali merusak rumah mereka.

"Warga sudah was was lah. Belum hujan aja sudah seperti ini apalagi kalau sudah turun hujan," kata dia.

Warga Desa Jerukleueut berharap ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten Majalengka dan pemerintah pusat untuk merelokasi warga terdampak tanah bergerak.

"Warga ada yang bertahan, ada yang mengungsi," pungkas dia.


(TTD)