Miliki Senjata, Dua WNI Ditahan di Jepang

Fajar Nugraha    •    Kamis, 26 Nov 2015 14:40 WIB
wni
Miliki Senjata, Dua WNI Ditahan di Jepang
Jubir Kemenlu Arrmanatha Nasir (Foto: MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dua orang warga negara Indonesia (WNI) dikabarkan ditangkap di Jepang. Mereka diketahui ditangkap atas kepemilikan senjata.

Namun penangkapan yang terjadi pada Rabu (25/11/2015), menurut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir hanya menyebutkan satu WNI yang ditahan.

"KBRI telah berkoordinasi dan mengidentifikasi, dan kita sedang berkoordinasi dengan mereka agar hak-hak hukum kedua WNI kita diberikan," ujar Arrmanatha, di Gedung Kementerian Luar Negeri, di Jalan Pejambon, Jakarta, Kamis (26/11/2015).

"Per kemarin (25/11/2015) sore notifikasi konsuler dari Jepang hanya untuk satu orang. Kita harus cek apakah ini bersangkutan dengan mereka," lanjutnya.

Mengenai ada dugaan bahwa kedua WNI itu terlibat terorisme, Arrmanatha hanya menyebutkan bahwa hal tersebut masih dalam proses investigasi. Tapi salah satu alasan WNI itu ditahan, memang karena kepemilikan senjata.

"Sampai sekarang kami belum dapat info dari orotitas Jepang," ucapnya.

Mengenai identitas WNI, diplomat yang pernah bertugas di Jenewa itu menyebutkan bahwa pihak enggan untuk memberikan nama. Ini disebabkan karena tuduhannya belum jelas dan apabila WNI itu sudah dilabeli teroris dan tuduhannya salah, maka mereka tidak bisa diterima kembali ke masyarakat.


(FJR)