Kasus Pencatutan Nama Presiden

Golkar Ganti Semua Anggota MKD

Githa Farahdina    •    Kamis, 26 Nov 2015 15:39 WIB
pencatut nama presiden
Golkar Ganti Semua Anggota MKD
Surahman Hidayat (tengah)------MI/M. Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Fraksi Partai Golkar merombak semua perwakilannya di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Tiga anggota yang bertugas diganti orang-orang baru.

Ketiganya adalah Hadi Soesilo, Budi Supriyati dan Dadang S. Muchtar. Mereka digantikan Kahar Muzakir, Adies Kadir, dan Ridwan Bae. Menurut Ketua MKD Surahman Hidayat, pergantian ketiganya dilakukan hari ini.

"Iya. Per 26 November," kata Surahman di Kompleks Parlemen, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (26/11/2015).

Pergantian ini merujuk pada keanggotaan di fraksi. Politikus PKS ini menyebut, pergantian menjadi hak masing-masing fraksi. Surahman mengatakan, Golkar tak memberikan alasan khusus pergantian tiga anggota MKD dari Golkar itu.

"Surat ini ditandatangani Ketua Fraksi Ade Komarudin dan Sekretaris Fraksi Bambang Soesatyo," tambah Surahman. Semua nama yang diajukan Fraksi Partai Golkar, menurut Surahman, merupakan putra terbaik partai.

Ridwan Bae yang dihubungi via telepon mengakui dirinya ditempatkan di MKD menggantikan Dadang. Tapi ia membantah pergantian untuk mengamankan kasus pencatutan nama Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla oleh Ketua DPR Setya Novanto. Bae mengaku tak mendapat arahan sama sekali dari Ketua Umum Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie maupun Ketua Fraksi Ade Komarudin.

"Bukan untuk kawal," kata dia.

Kasus pencatutan nama Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla dengan terlapor Ketua DPR Setya Novanto yang ditangani MKD akan berlanjut ke persidangan. Di tengah pengusutan kasus itu, empat fraksi telah mengganti anggotanya di MKD. Empat fraksi itu adalah Fraksi Partai Demokrat, Fraksi PAN, Fraksi PDI Perjuangan, dan Fraksi Partai NasDem.

Anggota MKD Fraksi Demokrat atas nama Guntur Sasono digantikan Fandi Utomo. Fraksi NasDem yang semula diisi Fadholi ditukar ke Akbar Faisal. Muhammad Prakosa dari Fraksi PDI Perjuangan digantikan Henry Yosodiningrat. Dua anggota MKD dari Fraksi PAN juga diganti. Sugiman menggantikan Hang Ali Saputra Syah Pahan dan Ahmad Riski Sadiq digantikan A. Bakrie.

MKD telah memanggil ahli bahasa hukum Yayah Basariah. Yayah dimintai pendapat soal kedudukan hukum Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said sebagai pelapor dugaan pencatutan Jokowi-JK oleh Setya Novanto. Hasilnya, Sudirman dianggap tak bermasalah.

Rapat di MKD bakal dilanjut Senin depan. MKD akan menggelar rapat internal menentukan penjadwalan sidang dan siapa saja yang akan dipanggil. Bukan tak mungkin, semua nama yang tertera dan disebut dalam transkripsi maupun rekaman dipanggil. Termasuk Presiden Jokowi dan Wapres JK.
 


(TII)