Australia Lingkungan yang Baik Untuk Muslim

Fajar Nugraha    •    Kamis, 26 Nov 2015 19:53 WIB
indonesia-australia
Australia Lingkungan yang Baik Untuk Muslim
Dubes Australia untuk Indonesia Paul Grigson saat kunjungi Masjid Istiqlal (Foto: ABC)

Metrotvnews.com, Jakarta: Islam menjadi negara yang berkembang paling cepat di Australia. Dubes Australia untuk Indonesia Paul Grigson mengisyaratkan negaranya lingkungan baik untuk Muslim.

"Di Australia, Islam adaalah agama yang berkembang paling cepat. Ada 175 masjid tersebar, 35 sekolah Islam yang beroperasi," ujar Dubes Australia untuk Indonesia Paul Grigson, di Gedung Kedubes, di Jakarta, Kamis (26/11/2015).

"Pertama. Muslim di Australia sudah ada sejak 1860. jika ada klaim Muslim adalah warga yang baru datang, itu adalah salah. Muslim sudah menjadi bagian penting masyarakat Australia lebih dari 100 tahun," imbuh Dubes Grigson.

"Kedua. Muslim selalu mendapatkan kebebasan beragama seperti halnya agama lain," lanjutnya.

Sebagai contoh menurut diplomat Negeri Kanguru ini, perempuan Muslim sudah diperbolehkan mengenakan jilbab di kepolisian dan militer bahkan jauh sebelum di Indonesia. Hingga saat ini ada 500 ribu warga Muslim di Australia dan menurut Dubes Grigson 40 persen dari mereka lahir dan besar di Australia.

Mengenai peran madrasah dan pendidikan Islam lainnya di Australia, Dubes Grigson mengakui bahwa ada permintaan tinggi di Australia untuk pengajaran Islam. Namun setiap institusi pendidikan Islam harus mengikuti peraturan yang berlaku seperti sekolah lain, termasuk menjalani aturan seperti yang diterapkan kepada sekolah Katolik.

"Saya kira tantangan bagi sekolah Islam adalah banyaknya permintaan dari warga Muslim. Jadi banyak warga Muslim di Australia yang menginginkan adanya pengajaran Islam bagi anaknya. Di masa depan akan ada perkembangan besar dari sekolah Islam," tutur Dubes Grigson.

"Akan ada kesempatan untuk melakukan kontak antara madrasah di Indonesia dengan sekolah Islam di Australia," imbuhnya.

Dubes Grigson bahkan membantah bahwa ada dukungan besar kepada protes anti-Islam (Reclaim) yang berlangsung beberapa waktu lalu. Menurutnya, pendukung protes itu justru lebih sedikit jumlahnya dibanding pendukung kebebasan beragama di Australia.
 


(FJR)

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

3 hours Ago

Deisti diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Dirut PT Quadra Solution, Anang Sugiana Sudiharj…

BERITA LAINNYA