Gus Tutut Calon Tunggal Ketua GP Ansor

Patricia Vicka    •    Kamis, 26 Nov 2015 22:56 WIB
gp ansor
Gus Tutut Calon Tunggal Ketua GP Ansor
Gus Tutut (tengah pakai kacamata). Foto: Metrotvnews.com/Vicka

Metrotvnews.com,Yogyakarta: Pemilihan ketua umum pimpinan pusat GP Ansor 2015-2020 berjalan tanpa konflik. Yaqut Cholil Coumas (Gus Tutut) tampil sebagai calon tunggal mengalahkan tiga calon lainnya.

Nama Gus Tutut diucapkan oleh tiga perwakilan pimpinan region GP Ansor saat rapat pleno laporan pertanggungjawaban ketum umum GP Ansor dan pandangan umum peserta kongkres.

"Kami perwakilan zona dua mendukung Yaqut Cholil Coumas sebagai calon ketua dalam pemilihan aklamasi," kata Ketua PW Jawa Timur, Rudi Tri Wahid, di Ponpes Ki Ageng Sunan Pandaran, Sleman, Yogyakarta, Kamis (26/11/2015) malam.

Ia melanjutkan pemilihan Gus Tutut adalah hasil kesepakatan hasil prakongres. Alasannya, Gus Tutut memiliki pengalaman yang lebih lama dibandingkan calon lain. "Kita anggap beliau punya kapasitas paling memenuhi dari sisi kaderisasi. Bentuk musyawarah mufakat kami artikan dalam bentuk aklamasi," jelas Rudi.

Ketua PW Maluku Salim Taib yang mewakili Regional 3 memilih Gus Tutut karena ia dinilai paling memahami organisasi GP Ansor. "Dengan pengalamannya sebagai kader dan pimpinan organisasi bertahun-tahun kami yakin memilih beliau. Harapannya beliau bisa lebih memperhatikan GP Ansor di Indonesia timur dan melaksanakan program pusat ke Indonesia timur," ucapnya.

Gus Tutut mengaku siap melanjutkan kepemimpinan Nusron Wahid. Ia akan memperkuat fondasi dan melanjutkan visi dan misi GP Ansor yang sudah dibangun oleh ketum sebelumnya.

"Fokus utama kami di bidang perekonomian. Seperti yang diucapkan pak JK (Jusuf Kalla) tadi bahwa sektor ekonomi Indonesia harus diperkuat lagi. Salah satunya dengan menjalankan program pemberdayaan agen industri keuangan berbasis pesantren," kata dia.

Yaqut Cholil Coumas adalah anggota DPR RI Komisi X. Ia adalah kelahiran Rembang 4 Januari 1975. Menjadi pengurus pusat GP Ansor sejak 2000. Saat itu dia menjabat ketua bidang pimpinan pusat GP Ansor.


(UWA)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

14 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA