Novanto Cs Hadiri Pagelaran Ketoprak PDIP di TIM

Desi Angriani, Misbahol Munir    •    Kamis, 26 Nov 2015 23:46 WIB
pencatut nama presiden
Novanto Cs Hadiri Pagelaran Ketoprak PDIP di TIM
Ketua DPR Setya Novanto (kanan) menjawab pertanyaan wartawan seusai melakukan pertemuan tertutup dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Jakarta, Senin (16/11). ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma.

Metrotvnews.com, Jakarta: PDI Perjuangan menggelar pertunjukan kesenian Ketoprak dengan tema "Bangun Majapahit" di  Teater Besar Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (26/11/2015) malam. Ketua DPR RI Setya Novanto tampak hadir dalam acara tersebut.

Pertunjukan kesenian ini dihadiri langsung Ketua Umum PDIP sekaligus Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri. Hadir pula mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Menko PMK Puan Maharani, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Menlu Retno L.P. Marsudi, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan beberapa tokoh elit politik lainnya.

Novanto hadir tak sendirian. Dia didampingi Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dan Fadli Zon. Ketiganya terlihat disambut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Mereka dituntun bersama panitia  menuju tempat duduk yang sudah dipersiapkan. Ketiganya tiba di lokasi sekitar pukul 22.00 WIB menjelang akhir-akhir pertunjukan ketoprak selesai.

Sepintas, kehadiran mereka menjadi sorotan para tamu undangan di lokasi. Namun karena tangah fokus menonton pertunjukan kesenian 'ketoprak' ini, tak semua sorotan tertuju pada kehadiran Novanto dan kawan-kawan.

Sebelumnya, mantan anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Dedi Gumelar alias Miing sempat menyindir dengan candaan terkait polemik kasus Novanto yang kini lebih populer dengan sebutan #PapaMintaSaham. Bahkan sindiran Mi'ing tak berhenti di situ.

Jelang acara ditutup, saat Megawati akan memberikan bingkisan kepada salah aktor pemeran Butet Kertarajasa, Mi'ing kembali menyindirnya. "Dipersilahkan kepada Ibu Megawati berkenan memberikan bingkisan kepada Butet Kertarajasa" ungkap dia.

"Maaf Pak Butet, ini bingkisan bukan dari Freeport tapi dari freelance. Karena kan Pak Butet ngamen-ngamen di mana-mna," celetuk Mi'ing.

Celetukan Mi'ing sontak disambut ketawa para tamu undangan. Sementara Miing Novanto Cs hanya berdiri sembari menunggu Megawati serta Puan Maharani turun dari panggung.

Kedatangan Novanto ini juga semakin menunjukkan sebagai upaya mencari dukungan terkait kasus yang melilitnya. Pasalnya, beberapa Minggu lalu Novanto dikabarkan akan menemui Megawati di Teuku Umar, namun batal.

Langkah itu nampak semakin tersirat saat Novanto menyalami Megawati ketika naik ke Panggung. Ketika Mega turun, Novanto Cs terus mendekatinya. Novanto sempat bersalaman sembari membisikkan sesuatu ke Mega.

Pantauan Metrotvnews.com, peristiwa Novanto salaman Mega tak luput dari sorotan media dan penonton. Para fotografer pun segera mendekati kerumunan itu untuk mengabadikan peristiwa itu.

Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla sedianya direncanakan menghadiri acara tersebut. Namun, keduanya justru tak tampak.


(OGI)