Pemkot Tangsel Berencana Tambah RSU

Arga sumantri    •    Jumat, 27 Nov 2015 04:35 WIB
tangerang selatan
Pemkot Tangsel Berencana Tambah RSU
Ilustrasi Tangerang Selatan. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal.

Metrotvnews.com, Tangerang: Pemerintah Kota Tangerang Selatan berencana menambah jumlah rumah sakit umum (RSU) di Tangsel. Penambahan RSU ini akan dilakukan pada 2018.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Suharno mengatakan upaya ini dilakukan untuk menjawab keluhan masyarakat soal jauhnya RSU yang ada. “Masyarakat banyak yang mengeluhkan jauhnya RSU yang sekarang (di Pamulang)," kata Suharno di kawasan Pondok Cabe, Tangsel, Banten, Kamis (26/11/2015).

Dua RSU rencananya bakal dibangun di sekitar kawasan Pondok Aren dan Ciputat. Sebab, mayoritas keluhan warga soal jauhnya RSU, datang dari dua wilayah itu. "Ibu Wali Kota (Airin Rachmi Diany) sangat merespon rencana ini,” imbuh dia.

Dinkes Tangsel berencana menggunakan Puskesmas Pondok Betung sebagai lokasi RSU yang baru. Sebab, menurut Suharno, luas lahan Puskesmas Pondok Betung dianggap sudah memenuhi persyaratan. Selain itu, lokasi Puskesmas juga dianggap cukup strategis.

“Sehingga, warga yang berdomisili Pondok Aren dan Ciputat Timur tidak perlu jauh-jauh ke Pamulang,” ungkap dia.

Alasan lainnya, Puskesmas Pondok Betung sudah menerapkan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS). Penerapan teknologi SIMPUS ini diklaim yang pertama di Indonesia.

“Dengan sistem ini mempermudah masyarakat dalam memberikan pelayanan di RSU yang baru,” pungkasnya.

Diketahui, saat ini, Tangsel baru punya satu RSU yang berlokasi di Pamulang. Namun, warga Tangsel bisa berobat gratis di RSU Tangsel hanya dengan menunjukkan KTP Tangsel.


(OGI)